Advertisement

Siapa Yeni Inka, Pedangdut Asal Blora yang Disebut Ratu Ambyar

JIBI
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 08:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Siapa Yeni Inka, Pedangdut Asal Blora yang Disebut Ratu Ambyar Yeni Inka / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Belakangan, nama Yeni Inka semakin dikenal publik setelah mengcover lagu Joko Tingkir. Pedangdut asal Blora, Jawa Tengah ini dikenal sebagai Ratu Ambyar Indonesia karena kesuksesannya menyanyikan lagu-lagu galau.

Kesuksesan Yeni Inka dalam mengcover lagu mendiang Didi Kempot-lah membuatnya mendapat julukan demikian. Penyanyi yang baru saja meluncurkan lagu baru berjudul Rasah Dadi Pelangi ini juga pernah berduet dengan Denny Caknan dalam lagu Madiun Ngawi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Wanita bernama lengkap Yeni Inka Novitasari ini lahir di Blora pada 8 November 2000. Yeni merupakan sulung dari dua bersaudara.

Adik perempuannya, Yesa Oktafia, kini mulai mengikuti jejaknya sebagai penyanyi dangdut. Ibunda Yeni Inka bernama Yessa Windika, sedangkan sang ayah belum diketahui identitasnya. Dalam keseharian, Yeni kerap tampil dengan hijab.

Yeni Inka di dunia hiburan mulai dikenal masyarakat Indonesia pencinta lagu dangdut berbahasa Jawa sejak 2021. Namun sebenarnya, Yeni Inka memulai karier di panggung besar sejak usianya baru 17 tahun saat masih SMA. Bahkan kabarnya, Yeni Inka sudah mendapat job menyanyi dari panggung ke panggung di usia 12 tahun.

Namun di masa lalu, Yeni Inka belum terlalu aktif sebagai penyanyi karena harus membagi waktu antara belajar dan manggung. Yeni Inka terbukti tetap mengutamakan pendidikan dengan lulus dari Universitas 17 Agustus (UNTAG) Semarang jurusan Hukum pada 2018.

Bakat seni Yeni Inka rupanya diwarisi dari keluarga. Kakek dan nenek Yeni Inka merupakan pemilik grup Barongan, Ketoprak, rias, dan persewaan alat panggung. Ibunda Yeni Inka pun dulunya seorang penari.

Yeni Inka mulai belajar secara otodidak dengan menjadi sinden di seni Barongan milik kakek dan neneknya sejak TK. Kemudian saat SD, Yeni Inka menjadi jathil dan ikut ketoprak.

Advertisement

Kini terhitung sudah enam lagu yang dirilis Yeni Inka. Kolaborasi Yeni Inka dengan Denny Caknan hingga Farel Prayoga membuat namanya semakin bersinar di industri musik dangdut. Yeni Inka juga telah meraih penghargaan Penyanyi Cover Lagu Terambyar di Ambyar Awards 2022.

Dia membagikan momen bahagia itu melalui Instagramnya pada 27 Agustus 2022 lalu. ” Alhamdulillah terimakasih Ya Allah
Yeni ucapakan terimakasih banyak buat @officialmnctv sudah ngasih kesempatan yg sangat luar biasa. Terimakasih buat kedua org tua bapak ibuk yg udh nemenin yeni dari 0 , keluarga, mas @khrisnashakti dan tidak lupa terimakasih juga buat YILO dimanapun kalian berada, maturnuwun dah support yeni selama ini, sampai yeni bisa di titik saat ini, berdiri di atas panggung bawa piala LOVE U semuanyaaaa,” tulisnya dikutip dari Solopos.com pada Jumat (28/10/2022).

Baru-baru ini ia melepas masa lajang dengan menikahi kekasihnya, Khrisna Sakti, Selasa (25/10/2022) lalu. Pernikahan itu digelar di kampung halamannya di Blora.

Advertisement

Rupanya suaminya bukan dari kalangan seniman, melainkan memiliki pekerjaan sebagai polisi dengan pangkat Briptu. Selain itu diketahui pula Khrisna Sakti punya bisnis hewan ternak sapi. Di Instagram, dia sering membagikan aktivitasnya merawat sapi-sapi miliknya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Ubah Toyota Jadi Ferrari, Pria Ini Berhadapan dengan Hukum

Hiburan
| Sabtu, 03 Desember 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement