Advertisement

Terinspirasi Suku Ainu, Soul and Kith Garap Huretoy Kor Kamuy

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 03 November 2022 - 16:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Terinspirasi Suku Ainu, Soul and Kith Garap Huretoy Kor Kamuy Soul and Kith. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Grup musik Soul and Kith menggarap single baru Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah) yang akan dirilis pada 9 November 2022.

Lagu baru duo folk rock asal Bali itu terinspirasi dari Suku Ainu yang merupakan suku asli dari pedalaman Hokkaido Jepang. Suku itu memiliki kebudayaan yang begitu kental dengan mensakralkan setiap bentuk kehidupan yang ada.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Terinspirasi dari kehidupan Suku Ainu yang penuh rasa bersyukur dengan hidup selaras bersama alam. Ainu dikenal dengan cara mereka memandang dunia,” ungkap vokalis Soul and Kith, Aik Krisnayanti, Kamis (3/1/2022).

Ritme suara yang disenandungkan suku Ainu merupakan perwakilan dari setiap suara alam yang saling mengisi satu sama lainnya menjadi harmoni sedangkan gerakan tari mereka yang berulang tanpa akhir mewakilkan simbol kehidupan yang terus beregenerasi.

Gitaris Soul and Kith, Michael Perwira, menerangkan rasa yang sama kemudian ditumpahkan melalui single Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah). Tanah Merah sebagai representasi ketenangan hidup yang menyimpan sejuta gairah, keseimbangan dan kekuatan.

Bekal inspirasi yang kuat terutama di bagian lirik dan bahasa. Soul And Kith menggunakan bahasa asli Suku Ainu di sebagian besar bagian dalam lagu ini yang begitu unik dan khas dalam mencerminkan rasa terhadap alam dan sesama.

“Dalam proses penulisan liriknya, Soul And Kith berkesempatan untuk berkomunikasi dan mendapat bantuan dalam proses kurasi lirik dari Oki Kano, yang merupakan seorang musikus asli Suku Ainu yang sudah dikenal di Jepang,” paparnya.

Proses rekaman yang penuh tantangan, salah satunya dalam membawa nada yang khas dari instrumen Tonkori yang merupakan alat musik khas Suku Ainu. Instrumen Tonkori kemudian digantikan dengan teknik dan rasa dari permainan gitar Michael Perwira yang mengharmonisasikan nuansa Tonkori dengan tetap mengangkat nuansa folk dan rock yang menjadi unsur yang tidak lepas dari Soul And Kith.

Advertisement

Single Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah) akan resmi dirilis dan dapat dinikmati di semua Digital Platform pada tanggal 9 November 2022 dan menjadi kado spesial dari rangkaian tour Soul And Kith di Jepang pada 12 sampai 17 November 2022.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jogja Darurat STB! Toko Kehabisan Stok, Pemda DIY Telusuri Dugaan Penimbunan

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Ubah Toyota Jadi Ferrari, Pria Ini Berhadapan dengan Hukum

Hiburan
| Sabtu, 03 Desember 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement