Advertisement

Tokoh Animasi Menteri PUPR Bawa Kamera Muncul di Instagram Jokowi

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 19 November 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tokoh Animasi Menteri PUPR Bawa Kamera Muncul di Instagram Jokowi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. - Ist/ dok KemenPUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering mengunggah animasi di Instagram pribadinya. Teranyar, Jokowi mengunggah animasi tentang batik.

Presiden bercerita bahwa Batik Indonesia adalah warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diakui oleh UNESCO. Batik dengan aneka corak dan warna digunakan masyarakat dalam berbagai suasana, dari perhelatan resmi, panggung fesyen, hingga kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Karena makna yang sangat filosofis itu, maka presiden menjadikan kain batik sebagai cindera mata untuk para pemimpin negara G20 saat menghadiri jamuan makan malam (gala dinner) di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Selasa 15 November lalu.

"Yang merah dicelup dengan pewarna dari buah mengkudu di Lasem, yang biru diwarnai dengan tanaman indigo di Pekalongan, dan warna cokelat dari tanaman soga yang dikerjakan di Solo/Yogyakarta," tulis Jokowi dikutip Harianjogja.com, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Iriana Jokowi Dihina, Kaesang Diminta Sabar

Menurut presiden yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 2024 mendatang itu, batik adalah sumbangsih Indonesia untuk kebudayaan dunia.

Dalam unggahan presiden, diperlihatkan sebuah suasana pembuatan batik. Mulai dari orang yang membuat batik tulis, batik cap, melakukan proses celup, menjemur, hingga adanya model perempuan yang bergaya memakai batik.

Yang menarik di situ ada tokoh animasi berbaju putih dengan topi terbalik di kepalanya, sedang memotret menggunakan kamera lensa panjang. Ia jongkok untuk memotret perempuan yang sedang mamakai pakaian batik.

Jika dilihat dari ciri-cirinya, tokoh fotografer itu mengarah ke gaya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Gaya nyentriknya itu pernah ditunjukkannya saat menjadi fotografer di acara G20 di Hutan Mangrove Bali beberapa hari lalu.

Warganet yang melihat unggahan presiden juga langsung menebak bahwa tokoh animasi berbaju putih itu adalah Pak Bas, sapaan akrab Basuki.

"Pak basuki megang kamera," tulis salah satu akun.

"Ada Mentri PU PR NYA JUGA jadi fotografer wkwkwk," sambung akun lain.

"Photographer dengan topi dibalik tuh pasti Pa Basuki," tebak yang kain.

Ternyata akun resmi Kementerian PUPR juga ikut memberikan tanggapan. "Terima kasih, pak," tulis akun tersebut singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement