Advertisement

Ratusan Domba Bertingkah Aneh, Terekam Kamera Berkeliling Lapangan Selama 12 Hari Nonstop

Lajeng Padmaratri
Minggu, 20 November 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Ratusan Domba Bertingkah Aneh, Terekam Kamera Berkeliling Lapangan Selama 12 Hari Nonstop Kawanan domba di China terekam video tengah berjalan melingkar selama hampir dua minggu. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, MONGOLIA—Kawanan domba di China telah berjalan melingkar selama hampir dua minggu hingga saat ini. Sayangnya, masih belum ada yang mengetahui mengapa mereka berperilaku demikian.

Melansir Oddity Central, perilaku aneh itu terekam dalam video pengawasan di sebuah peternakan domba di wilayah Mongolia, China Utara. Dalam sebuah video yang dirilis pada hari Rabu oleh People's Daily, puluhan domba terlihat berjalan searah jarum jam dalam lingkaran besar, sementara hewan lain menatap dari luar lingkaran atau terkadang berdiri tak bergerak di tengahnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meskipun telah dilaporkan bahwa domba-domba itu sehat, namun tidak jelas apakah hewan tersebut pernah berhenti makan dan minum, dan jika yang lain mengambil tempat di lingkaran saat itu terjadi.

Pemilik peternakan domba, yang diketahui sebagai sebagai Nyonya Miao, mengatakan kepada wartawan bahwa tingkah aneh itu dimulai pada tanggal 4 November. Mulanya, hanya ada segelintir domba yang bertingkah aneh, tetapi pada hari-hari berikutnya puluhan lainnya bergabung.

Menariknya, meskipun peternakan terdiri dari 34 kandang domba, hanya domba yang berada di nomor 13 saja yang bertingkah aneh.

Video domba berjalan berputar-putar menjadi viral di China segera setelah dibagikan secara online oleh People's Daily. Kemudian, beberapa teori tentang gerakan aneh tersebut telah beredar sejak saat itu.

Teori yang paling populer adalah bahwa domba tersebut terinfeksi bakteri yang menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai listeriosis atau 'penyakit lingkaran'.

Menurut jurnal Manual Merck, awalnya, hewan yang terkena listeriosis mengalami anoreksia, depresi, dan disorientasi. Mereka mungkin mendorong diri mereka ke sudut, bersandar pada benda diam, atau berputar ke arah sisi tertentu terus-menerus.

Advertisement

Kendati demikian, teori di atas dapat diperdebatkan, karena domba dan kambing yang menderita listeriosis umumnya mati dalam waktu 14 sampai 48 jam setelah menunjukkan gejala pertama. Padahal, domba dalam video viral tersebut telah melakukannya selama 12 hari berturut-turut.

Meskipun perilaku semacam ini dianggap tidak biasa, rupanya hal itu pernah terjadi sebelumnya. Pada 2018, Oddity Central juga menyebut bahwa ratusan rusa kutub di Semenanjung Kola Rusia juga berjalan dalam pola melingkar tanpa alasan yang jelas.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Yats Colony Hotel Jogja Ajak Anak Yatim Nikmati Fasilitas Hotel

Jogja
| Senin, 28 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Aktor Drakor Song Joong Ki Sampaikan Duka Cita untuk Korban Gempa Cianjur

Hiburan
| Senin, 28 November 2022, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement