Advertisement

Unik! Semut Honeypot Bisa Hasilkan Madu Seperti Lebah

Lajeng Padmaratri
Kamis, 24 November 2022 - 12:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Semut Honeypot Bisa Hasilkan Madu Seperti Lebah Semut honeypot yang bisa menghasilkan madu. - Oddity Central - Wikimedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahukah Anda bahwa lebah madu bukan satu-satunya serangga yang mampu menghasilkan produk alami yang manis, kental, dan berwarna coklat keemasan yang kita kenal sebagai madu? Beberapa spesies lebah lainnya bisa juga menghasilkan madu, termasuk jenis semut tertentu.

Melansir laman Oddity Central, semut Honeypot adalah semut yang tugas utamanya melahap nektar hingga menjadi penyimpan madu yang hidup. Spesies semut ini, Camponotus inflatus, menjadi pekerja khusus yang bertindak sebagai tempat penyimpanan hidup koloni mereka ketika makanan langka.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Semut pekerja memakan nektar honeypots yang dikumpulkan dari berbagai tanaman sampai perutnya membesar berisi cairan kuning hingga terlihat siap meledak. Dikenal sebagai 'semut madu’, cairan manis ini dimuntahkan oleh semut honeypot setiap kali anggota koloni mereka membutuhkan makanan.

Spesies ini terus-menerus makan embun madu dan nektar bunga. Pada satu titik, perut semut madu menjadi sangat besar sehingga mereka tidak dapat bergerak, jadi mereka hanya bergelantungan di atap ruang sarangnya sampai sesama semut membutuhkan barang berharga mereka.

Sebagian besar spesies semut honeypot ditemukan di daerah kering, gurun, atau daerah semi-kering di Australia, Amerika Serikat, Meksiko, dan di benua Afrika. Di daerah itu, memang sulit untuk menemukan sumber makanan, sehingga produksi dan penyimpanan madu diyakini sangat sulit untuk beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan yang keras ini.

Semut honeypot adalah sumber daya yang sangat berharga sehingga koloni semut lain terkadang akan menyerang dan mencurinya. Di Australia, suku Aborigin juga menghargai serangga berisi madu dan akan menggalinya untuk mereka. Dalam film dokumenter Trials Of Life tahun 1990, David Attenborough memfilmkan dirinya sendiri saat memasukkan semut honeypot ke dalam mulutnya.

Dibandingkan dengan madu hasil lebah madu, menurut sebuah studi, meskipun kedua varietas ini terlihat sangat mirip pada pandangan pertama, madu semut honeypot memiliki konsistensi yang kurang kental daripada madu lebah. Rasanya manis, tapi tidak semanis suguhan yang biasa kita makan, dan memiliki rasa asam yang tidak terdeteksi pada madu lebah madu.

Perbedaan signifikan lainnya antara kedua jenis madu ini adalah glukosa yang terkandung dalam jumlah yang lebih tinggi daripada fruktosa dalam madu semut, sedangkan madu lebah memiliki kebalikannya. Kedua varietas tersebut juga mengandung antioksidan tinggi.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

BPAD DIY Bedah Buku Soal Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Jogja
| Kamis, 08 Desember 2022, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Campursari Berbahasa Manado, Connie Nurlita Rilis Ular Kobra

Hiburan
| Rabu, 07 Desember 2022, 16:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement