Advertisement

Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya

Newswire
Rabu, 23 Mei 2018 - 13:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya The Script seret James Arthur ke meja hijau. - NME

Advertisement

Harianjogja.com, LOS ANGELES - Grup band The Script akan membawa penyanyi James Arthur ke meja hijau. Kabarnya, hal ini terjadi dikarenakan Arthur dianggap telah mencontek lagu mereka yang kemudian menjadi lagu yang sangat populer.

Dan beberapa waktu lalu, gesekan ini dikabarkan semakin memanas. Hal ini dikarenakan pengacara dari The Script, Richard Busch, telah mengajukan tuntutan yang menyeret Arthur ke meja hijau.

Advertisement

Band asal Irlandia tersebut menyatakan, lagu Arthur Say You Won’t Let Go yang diluncurkan pada 2016 lalu telah melanggar hak cipta lagu mereka. Lagu yang mereka maksudkan adalah The Man Who Can’t Be Moved, yang diluncurkan 2008 lalu.

Dalam gugatan tersebut, Busch mengatakan, bahwa Arthur telah mendapatkan keuntungan hingga USD20 juta atau sekira Rp283,7 miliar dari lagu tersebut. Tentu saja, hal ini dianggap telah merugikan pihak The Script.

Selain Arthur, dua penulis lagu Say You Won't Let Go, yakni Neil Ormandy dan Steve Solomon juga terseret dalam kasus ini. Dan kabarnya, beberapa label seperti Sony / ATV Publishing, Sony Music, Columbia Records, Ultra International Music Publishing, Third Verse Music Publishing dan Kobalt Music Publishing juga terancam terlibat dalam kasus ini.

Busch berpendapat bahwa lagu tersebut telah menghidupkan kembali karir Arthur. Padahal, saat itu karir pria berusia 30 tahun tersebut sudah meredup selama beberapa tahun terakhir, semenjak kemunculan pertamanya.

“Arthur diketahui telah dicampakkan oleh label rekamannya dikarenakan kontroversi publik, yang membuat jeda dalam karirnya. Hal ini terjadi sampai lagu Say You Won Let Go dirilis, dan dia mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia,” ujar Busch seperti dikutip dari laman NME, Rabu (23/5/2018).

Arthur pun sudah memberikan komentar terkait masalah ini. Dia menganggap bahwa tidak ada ‘kesalahan paten’ yang terjadi di antara kedua lagu tersebut.

"[Kasus] Ini mencuat di tahun 2017, hanya ada tujuh nada dalam musik (yang sama). Setiap lagu blues terdengar sama. Orang-orang memaklumkan hal-hal tersebut tanpa alasan,” kata James.

Berikut kedua lagu tersebut:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement