Advertisement

Ada Rp1 Miliar untuk Lomba Gapura 17-an. Serbu!!!

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 17 Juli 2019 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ada Rp1 Miliar untuk Lomba Gapura 17-an. Serbu!!! Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, pemerintah menggelar Festival Gapura.

Festival Gapura yang mengambil tema 'Cinta Negeri' merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif. Festival ini akan diselenggarakan mulai 17 Juli-17 Agustus 2019.

Advertisement

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam. Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing. Saya berharap, hal ini dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung Sekretariat Negara, Rabu (17/7/2019).

Nantinya, hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi. Selanjutnya, para kurator akan menyeleksi 50 finalis gapura dengan kategori masyarakat umum dan 10 finalis kategori Iembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

Adapun, kriteria gapura yang dinilai antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), heativitas produksi, semangat gotong royong, dan kebersamaan.

Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp1 miliar dengan rincian ;

- 10 piala dan Ppiagam untuk 10 pemenang gapura kategori umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang

-1 piala presiden bergilir dan piagam untuk gapura terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang

-3 piala dan piagam untuk 3 pemenang gapura kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang

-1 piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta

Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari empat foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan enam foto gapura hasil karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bolos Kerja di Hari Pertama Kerja setelah Lebaran, Pegawai Pemkab Sleman Disanksi

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Agensi Ungkap Hasil Autopsi Kematian Park Bo Ram

Hiburan
| Senin, 15 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement