Advertisement

Sultan Minta Penonton Kritik Film Bumi Manusia

Putri Salsabila
Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
Sultan Minta Penonton Kritik Film Bumi Manusia Sri Sultan HB X memberi sambutan dalam Premiere Film Bumi Manusia karya Sutradara Hanung Bramantyo di Empire XXI Jogja, Selasa (12/8/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sri Sultan HB X menghadiri Premiere Film Bumi Manusia karya sutradara Hanung Bramantyo. Adegan di film tersebut, sebanyak 80 persen proses pembuatannya yang dilakukan di Kota Jogja dan melibatkan ribuan pemain lokal ini dinilai memberi nilai lebih untuk kemajuan dunia seni film di Kota Jogja.

"Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kaderisasi aktor lokal dan memberi nilai lebih pada perkembangan dunia film lokal," kata Sri Sultan HB seusai menonton film Bumi Manusia di Empire XXI, Selasa (13/8/2019).

Advertisement

Lebih jauh ia mengatakan garapan film sutradara Hanung Bramantyo kali ini lebih cermat dalam menggali ke seluruh aspek yang ada pada novel karya Pramoedya Ananta Toer tersebut. Misalnya aspek hukum dan diskriminasi ras yang mewarnai kehidupan para tokoh.

"Saya harap masyarakat yang menonton film ini bisa mengkritik. Bukan hanya dari jalan cerita, tetapi juga kostum dan aktingnya. Film ini banyak melibatkan warga Jogja, ini juga film karya lokal, semoga produksinya lancar terus," kata Sri Sultan HB X.

Sutradara Hanung Bramantyo mengatakan pada film adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berdurasi 3 jam ini dia tidak terlalu banyak menambahkan adegan lain.

"Semua sesuai dengan novel kecuali pada bagian awal di mana simbol informasi tentang kemajuan teknologi itu saya harus sisipkan karena itu info yang menarik," kata Hanung.

Lebih jauh Hanung mengatakan pada film kali ini dia lebih banyak melibatkan aktor dan aktris asal Kota Jogja. Hanya tujuh yang berasal dari ibu kota. Oleh sebab itu dia sangat berterima kasih pada seluruh budayawan, aktor dan aktris asal Kota Jogja yang turut terlibat dalam filmnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Sebut Sepanjang Ruas Jalan Godean Didominasi Kerusakan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement