Kaum Bertubuh Mini Siap Tampilkan Teater "Kahanan"

Kaum Bertubuh Mini Siap Tampilkan Teater Para penyandang Achondroplasia atau orang bertubuh mini sedang mengikuti sesi pemotretan untuk poster teater Kahanan yang akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (6/11/2019). - Harian Jogja/Ist
04 November 2019 15:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Para penyandang Achondroplasia atau orang bertubuh mini di Jogja akan kembali menampilkan sebuah pertunjukan teater. Teater berjudul "Kahanan" atau dalam bahasa Indonesia artinya keadaan ini akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (6/11/2019) pukul 19.30 WIB. 

Nanik Indarti selaku penggagas ide teater menjelaskan bahwa selama ini orang-orang bertubuh mini sering mengalami diskriminasi. Padahal menurutnya, ia sama dengan orang-orang pada umumnya. 

"Kahanan adalah tema yang menjadi pertunjukan ke-2 setelah karya pertama " Sepatu Yang Sama, Kisah Jiwa dan Angka" yang dipentaskan pada tahun lalu," kata Nanik kepada Harian Jogja, Senin (4/11/2019). 

Nanik menjelaskan, "Kahanan"  mengangkat berbagai isu disabilitas bagi penyandang Achondroplasia yang mengalami diskriminasi. Isu-isu tersebut antara lain isu pendidikan, isu gender bagi laki-laki, sampai  isu pernikahan. "Semuanya dikemas dalam pertunjukan teater tradisi bentuk kethoprak kerakyatan bahasa Jawa," kata Nanik.

Dalam teater ini, Nanik mengajak sutradara Dhasy SWAS untuk menerjemahkan ide-idenya ke dalam bahasa tulisan, yang kemudian menjadi teks naskah berjudul "Kahanan". 
Dalam karya ini, Nanik kembali mengajak teman-teman bertubuh mini penyandang Achondroplasia untuk berkarya bersama sebagai upaya untuk melawan diskriminasi.

Adapun para pemain yang akan tampil dalam teater tersebut antara lain Doddy Micro, Didik Saputro, Ninit Ungu, Vely Hilda Elmaningtiyas, Mathori Brilyan, Maulana, Rina Wijayanti, dan Maryanto.