Cerita Penuh Tantangan Pemeran Drama Religi Assalamuaikum Calon Imam

Cerita Penuh Tantangan Pemeran Drama Religi Assalamuaikum Calon ImamAktor Miller Khan (tengah) dan Aktris Kezia Alethei (kiri) saat menemui penggemarnya di di Seven Sky, Lippo Plaza Yogyakarta, Minggu (8/12/2019) malam. - Harian Jogja/Sunartono.
09 Desember 2019 11:57 WIB Sunartono Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemeran film Assalamu'alaikum Calon Imam, Miller Khan dan Kezia Aletheia menemui para penggemarnya di Seven Sky, Lippo Plaza Yogyakarta, Minggu (8/12/2019) sore. Ratusan remaja milenial tampak histeris dan berebut foto di event singkat tersebut.

Assalamualaikum Calon Imam sendiri berawal dari sebuah novel bergenre percintaan karya Ima Madaniah yang sukses meraup pembaca hingga 3 juta lebih di Watpadd. Kemudian diangkat ke layar lebar dengan dibintangi oleh Miller Khan. Sutradara Indra Gunawan kemudian meramunya menjadi serial drama 13 episode yang ditayangkan di platform Viu Indonesia. Viu merupakan layanan video on demand (VOD) yang menyediakan film serial drama di Asia. Serial Assalamualaikum Calon Imam ini banyak memikat penonton dari kalangan anak muda milenial.

Sang pemeran utama, Miller Khan mengakui banyak tantangan dalam memerankan karakter seorang Alif sebagai dosen sekaligus dokter di serial tersebut. Menurutnya butuh konsentrasi yang tinggi mulai dari cara bicara, lontaran kata-kata, ekspresi, gaya berjalan hingga gesturnya. Aktor asal Malaysia kelahiran 1987 ini mengakui mendapatkan sejumlah pesan positif yang ia dapatkan dari drama religi tersebut.

"Dramanya kuat dibalut dengan nilai Islami yang tinggi, banyak pesan moral yang bisa dipetik, di mana perjalanan dari seorang Nafisya yang dari tidak pakai hijab jadi pakai hijab," ungkapnya.

Sedangkan Kezia Aletheia yang memerankan karakter Salsa turut menilai serial tersebut banyak membawa pesan nilai keluarga. "Ini serial yang banyak pesan di dalamnya, termasuk pesan tentang tidak ada namanya mantan ayah, mantan anak, mantan ibu, karena keluarga ya keluarga," katanya.

Ia menambahkan banyak tantangan yang harus dihadapi dalam memerankan sosok Salsa, apalagi sebelumnya pernah ada di layar lebar sehingga di serial drama ini dirinya harus menampilkan lebih baik. Dari sisi karakter, sosok Salsa berbanding 180 derajat dengan sikap asli dirinya. Mulai dari cara berjalan serta harus ekspresif yang sangat bertentangan dengan kebiasannya.

Selain itu ia harus melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat latar belakang karakter dari sosok yang ia perankan. Di mana sosok Salsa yang penyabar, religius, pemaaf yang diidamkan banyak lelaki. Tetapi kendala itu bisa terselesaikan dengan berlatih di setiap jelang pelaksanaan syuting.

"Adegan sulit, Salsa karakter kalem, sensitif tidak ekspresif, suka memendam, sementara aku suka ekspresif orangnya apa-apa diomongin. Salsa sehari-hari berbeda sama aku dari cara jalan harus enggak ada mimik muka, dia diam," ujarnya.

Vice President Marketing VIU Myra Suraryo menyatakan berdasarkan hasil pemantauannya jumlah peminat serial drama di Indonesia masih didominasi remaja putri. Tetapi secara perlahan remaja putra saat ini banyak yang menjadi penggemar, sehingga persentasenya mencapai 60% dari kalangan peminat putri dan 40% putra.