Advertisement

Ceritakan Lokasi Angker di Sekitar Kampus, Film Surat dari Kematian Diprotes UGM

Rahmat Jiwandono
Rabu, 08 Januari 2020 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Ceritakan Lokasi Angker di Sekitar Kampus, Film Surat dari Kematian Diprotes UGM Surat dari Kematian - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Film horor Surat dari Kematian yang akan tayang di sejumlah bioskop mulai Kamis (9/1/2020) besok diprotes UGM. Musababnya, syuting film tersebut sebagian berlangsung di UGM dan tanpa sepengetahuan otoritas kampus.

Tempat yang dijadikan pengambilan gambar antara lain lembah UGM, depan gedung pusat UGM, lorong gedung pusat, dan Bookstore UGM yang sudah tidak digunakan lagi.

Advertisement

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani mengatakan kampus akan menelusuri dan mengecek film tersebut karena pihaknya tidak pernah menerbitkan surat izin untuk pengambilan gambar.

“Kami merasa kecolongan,” kata Iva, Rabu (8/1/2019).

Menurutnya, film itu secara umum sama sekali tidak terkait dengan nilai-nilai yang dipegang oleh UGM. UGM bisa memberikan izin syuting, asalkan film yang dibuat harus bersifat edukatif serta menginspirasi.

“Bisa film-film dari kampus agar menginspirasi mahasiswa menempuh pendidikan tinggi,” katanya.

Iva mengatakan izin pembuatan film di UGM diawali dengan surat resmi yang diserahkan kepada otoritas kampus. UGM juga akan meminta naskah film yang akan dibuat terlebih dahulu.

“Kalimat-kalimat yang akan diucapkan seperti apa kami harus tahu. Alur film juga harus dijelaskan oleh sutradara,” ujar dia.

Sebelumnya UGM pernah menjadi tempat syuting beberapa film seperti Rudi Habibie. “Rumah produksi dari film-film itu menaati prosedur yang ada,” ujar dia.

Surat dari Kematian adalah film horor yang diangkat dari novel berjudul sama. Film tersebut bercerita tentang lokasi-lokasi angker di sekitar UGM dan hal-hal mistis yang menyertainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement