Netflix Raih 24 Nominasi Oscar

Netflix Raih 24 Nominasi OscarIlustrasi - Reuters
14 Januari 2020 18:27 WIB Reni Lestari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -The Irishman dan Marriage Story , film yang merupakan garapan Netflix , berhasil mencetak nominasi Oscar untuk kategori Best Picture yang akan diberikan pada 9 Februari mendatang.

Dari kedua film tersebut, Netflix menerima 24 nominasi secara keseluruhan, lebih unggul dari distributor film lainnya. Raksasa Silicon Valley ini akan berhadapan dengan studio Hollywood yang sudah berusia seabad, di antaranya Comcast Corp's Universal Pictures, AT&T Inc Warner Bros. dan Sony Corp's Columbia Pictures.

Sementara itu, film garapan Warner Bros Joker memimpin semua nominasi dengan total 11 nominasi. Film lainnya seperti The Irishman, 1917, dan karya sutradara Quentin Tarantino Once Upon a Time in Hollywood masing-masing tercatat di 10 kategori.

Perusahaan-perusahaan di balik film-film itu diperkirakan akan menghabiskan jutaan dolar untuk meluluhkan pemilih Oscar dalam beberapa minggu mendatang melalui iklan TV, iklan digital, dan acara khusus di New York dan Los Angeles.

Bagi Netflix, memenangkan Best Picture akan meninggikan reputasinya dalam bisnis film dan memberinya peluang menyombongkan diri dalam perjuangan yang semakin kompetitif memenangkan pertarungan di segmen streaming video.

Perusahaan ini mulai merilis film asli pada 2015 dan telah berusaha membangun perbendaharaan film bergengsi dengan menelurkan puluhan film komedi, thriller, dan aksi lainnya.

Namun, pelopor video digital ini telah membuat jengkel pemilik teater dengan bersikeras bahwa film-filmnya ditayangkan di platform online pada saat yang sama, atau beberapa minggu setelah debut di bioskop.

Sejumlah pengusaha bioskop di Amerika Serikat keberatan dengan pemilihan waktu tersebut dan menolak untuk menayangkan film-film Netflix. Praktik ini juga memaksa anggota akademi film untuk berdebat tentang definisi film yang dikompetisikan.

Tahun lalu, "Roma" film besutan Netflix juga bersaing untuk mendapatkan best picture tetapi tidak menang.

Owen Gleiberman, kepala kritikus film untuk publikasi industri Variety, memperkirakan layanan streaming akan gagal lagi dan akan kalah dari film 1917 atau Once Upon a Time in Hollywood.

"Ada banyak momentum untuk The Irishman tetapi perasaan dia tidak memiliki apa yang diperlukan untuk melewati garis finish," kata Gleiberman, dilansir Reuters, Selasa (14/1/2020).

The Irishman juga membawa sang sutradara Martin Scorsese masuk nominasi sutradara terbaik, demikian pula dengan aktor pendukung untuk Al Pacino dan Joe Pesci.

Sementara itu, Marriage Story yang dibintangi Scarlett Johansson dan Adam Driver menerima nominasi pemeran utama terbaik.

Nominasi yang diterima film Netflix lainnya antara lain, Klaus dan I Lost My Body. Keduanyamasuk dalam kategori animasi terbaik. Sedangkan film biografi The Two Popes menerima tiga nominasi.

Sumber : Bisnis.com