Bisa Temukan Kentongan Ini, Hadiahnya Rp1 Juta. Mau?

Bisa Temukan Kentongan Ini, Hadiahnya Rp1 Juta. Mau?Potret kentongan kuno yang hilang di Klaten. - Tangkapan layar di media sosial/Detikcom
05 Februari 2020 15:47 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, KLATEN - Kentongan kuno berusia lebih dari satu abad milik Pemerintah Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Klaten hilang. Pencarian dilakukan hingga ke kolektor barang antik.

Dari foto yang diterima detikcom, kentongan yang hilang itu berukuran tinggi 170 cm dan diameter 60 cm. Ada motif wajah dengan taring di sisi muka kentongan itu. Sementara itu di sisi kanan bawah kentongan tertulis angka 1918.

Kepala Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Yoyok Kartiko Cahyo mengatakan kentongan itu selama ini digantung dan tidak diberi tempat khusus. Kentongan yang diduga berusia lebih dari satu abad itu berbahan dari kayu nangka.

"Menurut para pinisepuh desa, kentongan itu buatan tahun 1918. Terbuat dari kayu nangka, tapi pastinya saya juga tidak tahu. Kentongan itu semenjak lurah pertama. Dulu kentongan itu untuk mengumpulkan warga dan jika dipukul warga kumpul semua," kata Yoyok kepada detikcom, Rabu (5/2/2020).

Yoyok menyebut kentongan itu merupakan sejarah Desa Gunung Gajah. Selain mengadakan sayembara berhadiah duit bagi penemu kentongan itu, pihaknya juga mencari kentongan itu ke kolektor barang antik. "Kita juga mencari ke kolektor barang antik. Kalau warga ada yang tahu saya minta melapor," ujar Yoyok.

Pemerintah desa, sambung Yoyok, sudah menyebar pengumuman atas hilangnya kentongan itu. Harapannya, jika ada yang tahu, segera melaporkan. "Sudah kami umumkan ke warga. Kami memang lapor polisi agar, jika ditemukan, bisa diproses hukum. Meskipun ditemukan dua atau tiga tahun, kalau ada laporan kan bisa diproses. Kita mengambil barang juga ada dasarnya," urai Yoyok.

Terpisah, Kapolsek Bayat AKP Suharto membenarkan pihaknya menerima laporan soal hilangnya kentongan kuno itu. Nilai barang disebut mencapai Rp5 juta. "Dalam laporan kerugian korban disebut Rp5 juta. Dari nilai apanya kita tidak tahu," ujar Suharto.

Suharto mengatakan hilangnya kentongan itu dilaporkan bulan lalu. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki kasus itu. "Masih dalam penyelidikan. Kami sudah minta keterangan saksi," terang Suharto.

Kabar hilangnya kentongan milik Pemerintah Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Klaten, viral di media sosial. Dalam posting-an itu, disebutkan yang bisa menemukan kentongan itu bakal diberi hadiah duit Rp1 juta.

Kabar itu di-posting oleh akun Eka Aska Asmuri di grup Facebook Info Cegatan Klaten (ICK) pada hari ini pukul 09.43 WIB. Posting-an itu berisi, "Mohon bantuan teman2, desa Gunung gajah kehilangan kentongan antik dan bersejarah, pembuatan Kentongan tahun 1918. Siapa yang bisa menemukan kentongan beserta pencurinya akan mendapatkan imbalan sepantasnya."

Sumber : detik.com