Advertisement

Instagram Luncurkan Reels Format Baru, Saingi TikTok?

Hadijah Alaydrus
Jum'at, 17 Juli 2020 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Instagram Luncurkan Reels Format Baru, Saingi TikTok? Logo Instagram - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada awal Agustus, Instagram berencana untuk meluncurkan Reels dengan format baru yang akan tinggal di dalam fitur Stories aplikasi khusus untuk pasar AS.

Dikutip dari Business Insider dan South China Morning Post, Reels layaknya TikTok akan memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video pendek dengan soundtrack audio dan musik.

Advertisement

Pengguna Instagram akan dapat membuat dan membagikan Reels ke fitur Stories Instagram mereka, dan mengakses video pendek mereka di tab baru yang didedikasikan pada profil mereka.

Akun akan membagikan videonya di laman Jelajah aplikasi Instagram, dan dapat memilih apakah konten Reels yang akan muncul di profil mereka dan di Feeds follower-nya.

Juru bicara Instagram menegaskan layanannya berbeda dengan TikTok.

“TikTok secara khusus telah memanfaatkan perilaku konsumen nyata, dan melakukan hal-hal luar biasa. Kami juga melihat munculnya video pendek di Instagram, dan kami pikir kami dapat menciptakan sesuatu dengan cara yang masuk akal bagi komunitas kami,” kata juru bicara itu kepada Business Insider.

Dia menambahkan respons terhadap permintaan konsumen ini adalah persaingan di tempat kerja dan salah satu keunggulan lama dari sektor teknologi.

"Itu meningkatkan pilihan, yang baik untuk orang-orang. ”

Facebook pertama kali memulai pengujian Reels di Brasil pada November lalu, sebelum diluncurkan bulan lalu ke Prancis dan Jerman. Peluncuran awal Agustus akan mencakup Inggris dan sekitar 50 negara lainnya, NBC News melaporkan.

Debut Reels Instagram di AS dan India pada awal Juli, seperti yang dilaporkan oleh Business Insider India, muncul di tengah kekhawatiran akan mata pencaharian TikTok di kedua negara.

Seperti diketahui, pemerintah India baru-baru ini melarang unduhan pengguna baru TikTok dan aplikasi China lainnya di tengah sengketa perbatasan berdarah dengan China.

Di AS, TikTok telah menghadapi pengawasan ketat dari pemerintah terkait dengan isu data pengguna dan moderasi konten

Baru-baru ini, beberapa pejabat pemerintah - termasuk Presiden Trump sendiri - telah mengancam akan melarang penggunaan aplikasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement