Musisi Anji Akhirnya Minta Maaf Telah Menyebut Foto Pasien Covid-19 Janggal

Musisi Anji Akhirnya Minta Maaf Telah Menyebut Foto Pasien Covid-19 JanggalAnji. - Ist/Instagram @duniamanji
20 Juli 2020 17:58 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Musisi Anji akhirnya menyampaikan permintaan maafnya terhadap Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Joshua Irwandi, fotografer yang mendapatkan grant dari National Geographic.

Pernyataan maaf ini terkait pernyataan musisi bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto yang menduga ada yang janggal dari foto karya Joshua Irwandi mengenai jenazah pasien Covid-19. Foto tersebut kemudian menjadi viral di media sosial.

Melalui unggahan di akun instagramnya, @duniamanji, Anji menanggapi teguran dan kecaman PFI untuk pernyataannya di Instagram. Anji mengaku telah melakukan komunikasi melalui telepon dengan Hendra, Sekjen PFI.

Baca juga ; PFI Kecam Pernyataan Anji yang Menganggap Foto Jenazah Covid-19 Janggal

Beberapa poin yang dibahas adalah bahwa dirinya tidak mendiskreditkan profesi pewarta foto maupun jurnalis. "Secara karya foto, buat saya foto dari Joshua Irwandi adalah sebuah foto yang powerful," kata Anji.

Menurutnya, caption di Instagram adalah opini dirinya pribadi dari sudut penyebaran informasi yang baginya terasa janggal. "Hal ini sanga bisa didebat katena bisa salah bisa benar," tegasnya.

Mantan vokalis grup band 'Drive' ini menegaskan yang bahas di poin I adalah penyebaran informasinya, bukan karya foto maupun pewartanya, bukan pula tujuan Joshua mengambil foto itu.

Adapun di poin kedua, ia mempertanyakan menyangkut pada kode etik dunia kesehatan, bukan kode etik jurnalisme. "Karena menurut pemberitaan korban Covid-19 tidak boleh ditemui oleh keluarganya. Ini adalah pertanyaan orang awam," katanya.

Baca juga: Foto Jenazah Covid-19 Dituding Janggal oleh Anji si Penyanyi, Ini Kata Dosen Fotografi ISI

Ia pun memeprtanyakan jika ada penjelasan tentang itu berdasarkan aturan medis, ia minta dijelaskan karena banyak orang perlu tahu.

"Kesalahan saya dalam hal ini adalah tidak menyertakan kalimat tambahan untuk memperjelas poin yang saya tuju," katanya.

Untuk kesalahpahaman ini Anji kemudian meminta maaf kepada PFI dan Joshua Irwandi.

"Tadi malam pun dalam forum dengan 300-an orang fotografer, termasuk di dalamnya ada Joshua, saya sampaikan permintaan maaf untuk penerimaan informasi yang berbeda. Ini adalah permintaan maaf terbuka seperti yang tertulis di akun @pewartafotoindonesia," paparnya.

Selanjutnya, ia pun mengaku akan menghapus unggahan tentang foto tersebut, dengan alasan menghormati Joshua dan PFI.

Terakhir, Anji juga mau meralat pernyataan tertulis dari PFI yang menuliskan dirinya sebagai mantan artis. "Memang saya berencana untuk pensiun dini dari dunia keartisan dan mengurus bisnis-bisnis saya, tapi belum hari ini," jelasnya.

Untuk diketahui, Ketua PFI Pusat Reno Esnir mengeluarkan pernyataan pada Minggu (19/7/2020). PFI menyatakan Anji telah melecehkan foto karya jurnalistik yang dibuat Joshua Irwandi. Ia pun mendesak Anji meminta maaf kepada Joshua dan seluruh pewarta foto.

Reno mengungkapkan PFI Pusat telah menghubungi Joshua Irwandi terkait foto tersebut untuk memastikan keabsahan karya jurnalistiknya yang viral itu. Dari hasil diskusi tersebut, Joshua telah mematuhi kode etik jurnalistik, mematuhi prosedur perizinan, dan mengikuti segala macam protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pihak rumah sakit.