Advertisement

BAFTA TV Awards 2020, Chernobyl Panen Kemenangan

Maya Herawati
Senin, 03 Agustus 2020 - 18:27 WIB
Maya Herawati
BAFTA TV Awards 2020, Chernobyl Panen Kemenangan Chernobyl - Youtube - HBO

Advertisement

Harianjogja.com, NEW YORK—Serial televisi, miniseri Chernobyl yang diproduksi dan ditayangkan di channel HBO telah menjadi perbincangan hangat sejak kemunculannya tahun lalu. Kini Chernobyl kembali naik daun karena memborong penghargaan di BAFTA TV Awards 2020.

Penghargaan BAFTA TV Awards 2020 yang diadakan pada hari Jumat (30/7/2020) malam waktu Amerika Serikat.

Advertisement

Dikutip dari Indie Wire, Minggu (2/7/2020) selain Chernobyl, program When They See Us milik Netflix dan Fleabag milik Amazon Prime Video juga meraih sejumlah penghargaan.

Chernobyl, yang membawa pulang 10 Emmy Awards September lalu, meraih tujuh piala di upacara BAFTA TV Craft Awards kali ini, termasuk miniseri terbaik, serta aktor utama terbaik (drama) untuk Jared Harris.

Serial ini bercerita tentang bencana ledakan nuklir paling besar sepanjang sejarah yang pernah terjadi di Ukraina, saat itu masih Uni Soviet.

Ledakan yang terjadi pada 26 April 1986 ini sebenarnya tidak pernah dipublikasikan karena pemerintah Soviet tak ingin dunia tahu kegagalan mereka dalam pengembangan teknologi reaktor nuklir. Maka ketika miniseri ini dirilis, banyak orang yang akhirnya tersadar bahwa ledakan nuklir terbesar pernah terjadi di Ukraina.

Ceritanya, seperti dilansir Okezone, digiring oleh narasi Valery Legasov (Jared Harris) yang merasa bahwa pengembangan teknologi reaktor nuklir di negaranya terlalu dipaksakan. Legasov pun akhirnya melakukan penelitian kecil bahwa kegagalan ini akan berimbas besar pada masyarakat.

Ledakan akhirnya terjadi di sebuah pembangkit tenaga nuklir. Alih-alih dianggap berbahaya, pemerintah menyatakan bahwa peristiwa itu bukan hal yang harus dikhawatirkan.

Para masyarakat Ukraina pun menikmati ledakan itu karena menghiasi langit Ukraina layaknya pesta kembang api. Permasalahan mulai muncul karena udara di Chernobyl terdampak ledakan itu berbahaya untuk dihirup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement