Mbah Minto, Dulu Kerja Serabutan Sekarang Jadi Jutawan & Punya Ajudan karena Viral

Mbah Minto, Dulu Kerja Serabutan Sekarang Jadi Jutawan & Punya Ajudan karena ViralMbah Minto (kanan) bersama pendampingnya, Edi Susanto (kiri), di rumah Mbah Minto di Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten, Selasa (4/8/2020). - JIBI/Solopos.com/Ponco Suseno
08 Agustus 2020 15:57 WIB Ponco Suseno Hiburan Share :

Harianjogja.com, KLATEN—Mbah Minto, nenek 70 tahun asal Bayat, Klaten, Jawa Tengah, yang terkenal berkat vlog kini telah menjadi jutawan. Video parodi gagal mudik yang dibintanginya pada akhir Maret 2020 mendatangkan kemakmuran di usia sepuh.

Layaknya artis papan atas Tanah Air, Mbah Minto si jutawan memiliki ajudan pribadi. Pendamping Mbah Minto itu adalah Edi Susanto. Keduanya adalah tetangga dekat. Rumah Edi Susanto hanya berjarak beberapa meter dari Mbah Minto.

BACA JUGA: Kocak, Begini Jawaban-Jawaban Warganet saat Jokowi Unggah Pertanyaan di Twitter

Edi Susanto mengaku mengetahui honor yang diperoleh Mbah Minto setiap diajak membuat konten video. Dia tahu persis berapa uang yang sudah dikumpulkan Mbah Minto saat dikenal masyarakat luas melalui media sosial. Dia bahkan menyebut Mbah Minto telah menjadi jutawan.

"Saya mendampingi Mbah Minto ini juga ada itung-itungannya sendiri. Terus, saya yang mengurus pendapatan Mbah Minto saat diajak membikin video. Jumlah uang yang dikumpulkan Mbah Minto sudah lumayan [Mbah Minto sudah menjadi jutawan]. Lantaran jumlahnya yang banyak, uang itu disimpan oleh anaknya. Saya sendiri yang mengirim ke anak Mbah Minto yang ada di Jakarta," katanya saat ditemui Jaringan Informasi Bisnis Indonesia beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pakar: Kasus Covid-19 di Jawa Belum Sampai Titik Terburuk

Sehari-hari Edi bertugas mengurus hampir semua keperluan Mbah Minto. Tugasnya mengatur jadwal syuting, pertemuan, merawat kesehatan, hingga mengatur pendapatan Mbah Minto.

Edi Susanto menjadi pendamping setelah berkomunikasi dengan salah seorang anak Mbah Minto yang tinggal di Jakarta.

Dari obrolan itu, anggota keluarga mempercayakan segala sesuatu kebutuhan Mbah Minto kepada Edi Susanto. Termasuk memantau kesehatan Mbah Minto hingga memantau aktivitas yang akan dilakukan Mbah Minto sehari-harinya.

BACA JUGA: Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, Kampung di Jogja Ini Wajibkan Mahasiswa yang Datang Lapor ke Posko

Selain mengurus Mbah Minto, Edi Susanto juga membuat video sendiri. Dia kerap membuat konten berisi aktivitas sehari-hari wanita berusia 70 tahun itu.

“Selain mengurus simbah, saya juga membikin video sendiri. Konten video saya biasanya aktivitas sehari-hari Mbah Minto atau sisi lain Mbah Minto. Dalam waktu dekat ini, Mbah Minto akan didatangi tamu dari artis Irfan Hakim dan Soimah," terangnya.

Sewaktu kecil, Edi Susanto mengaku sering digendong dan diasuh Mbah Minto. Namun sekarang, giliran Edi Susanto yang mengurus segala keperluan Mbah Minto sebagai ajudan pribadi.

BACA JUGA: Seperti Ini Tampilan Halaman Web Pertama Saat Pertama Kali Ditayangkan 29 Tahun Lalu

“Saya ini menjadi pendamping simbah. Saya bersedia mengurus simbah [Mbah Minto] karena sudah telanjur memiliki hubungan yang baik,” sambung dia.

Mbah Minto mengatakan hidupnya saat ini sudah nyaman. Rumah Mbah Minto juga sudah direnovasi beberapa waktu lalu. Beberapa perabot di dalam rumahnya juga semakin komplet. Salah satunya, yakni terdapat televisi.

"Pas nonton televisi, kula nggih nonton iklan kula [iklan yang dibintangi Mbah Minto]," katanya sambil tertawa.

BACA JUGA: Jokowi Arahkan Sekolah di Zona Kuning Dibuka, Ini Langkah Pemda DIY

Sebelum terkenal dan menjadi jutawan, Mbah Minto hidup sendiri di rumahnya di Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten. Beberapa anak Mbah Minto sudah merantau ke luar daerah.

Guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mbah Minto sempat bekerja serabutan. Seperti membersihkan pekarangan miliki tetangga atau pun memijat tetangga yang kelelahan. Tapi, saat ini Mbah Minto pun sudah memiliki penghasilan dan mampu membayar seorang pendamping alias ajudan pribadi.

Mbah Minto viral di media sosial berkat vlog parodi gagal mudik. Video viral tersebut diunggah di channel Youtube milik Ucup.

BACA JUGA: Jual Mi Ayam Rp5.000 di Wirobrajan, Pria Ini Mengaku Untung Banyak

Dalam vlog itu Mbah Minto cukup menirukan percakapan dan gaya yang diarahkan Ucup alias Muhammad Sofyan. Itu bukan kali pertama Ucup mengajak Mbah Minto membuat video blog.

Awalnya Ucup memberikan uang senilai Rp20.000 kepada Mbah Minto sebagai bayaran per konten yang dibuat. Siapa sangka gaya Mbah Minto yang lugu justru menarik perhatian warganet.

Ucup mengakui pengikut Instagram dan Youtube miliknya bertambah setelah mengunggah sejumlah vlog yang dibintangi Mbah Minto. Seiring ramainya video Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp200.000-Rp300.000 per konten.

Sumber : JIBI/Solopos