Belasan Ribu Akun Twitter Minta Jerinx Dibebaskan

Belasan Ribu Akun Twitter Minta Jerinx DibebaskanAnang Hermansyah/Jerinx SID.suara.com
13 Agustus 2020 11:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jerinx, Drummer band Superman is Dead (SID) resmi ditahan karena kasus ujaran kebencian yang menjeratnya.

Ia menjadi tersangka setelah dilaporkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setelah menyebut organisasi tersebut sebagai kacung WHO lewat Instagram pribadinya.

Pasca resmi masuk bui, banyak orang yang justru mendukung agar pria dengan nama I Gede Ari Astana ini dibebaskan. Mereka pun ramai-ramai membuat tagar di Twitter #BebaskanJRXSID.

Tagar tersebut trending di Twitter hari ini dan mendapat lebih dari 12.900 twit.

"Anda orang baik, anda bukan penjahat, anda memperjuangkan hak rakyat kecil lalu dibui? Rakyat bisa menilai. Anda tdk sendirian. Anda berjuang tanpa kepentingan golongan atau politik murni ketulusan. Semesta bersama mu Hati merah #BebaskanJRXSID #JRXSID," tulis akun Twitter @ERX_BASTARD sembari mengunggah video saat Jerinx membagikan nasi bungkus kepada warga.

Baca Juga: Sebut IDI Kacung WHO, Jerinx Jadi Tersangka & Langsung Ditahan

""Apabila rakyat tidak berani mengeluh itu artinya sudah gawat, dan apabila omongan penguasa tidak boleh dibantah kebenaran pasti terancam"
Wiji.
Kritik dibalas BUI
#SayaBersamaJRX
#BebaskanJRXsid," tulis @AryBikul.

"Saya bukan fans beratmu tp untuk masalah prinsip saya salut padamu, tetap perjuangkan apa yang kau anggap benar
#kamibersamajrx
#BebaskanJRXsid," tulis @smoking_deadman.

Sementara itu, akun @khafakk mempertanyakan arti negara demokrasi. "Udah gaboleh mengkritik, uang cari sendiri. Ini yang katanya negara demokrasi? #BebaskanJRXSID," katanya.

Twit itu juga disertai dengan lukisan Cak Nun bertuliskan "Di negara demokrasi kamu bebas bicara apa saja tapi duit harus cari sendiri. Di negara komunias makan dicukupi tapi kamu gak boleh kritik pemerintah. Di Indonesia kamu dilarangkritik pemerintah tapi uang harus cari sendiri".

Baca Juga: Jusuf Kalla Lelang Brompton Kesayangan, Ini Pemenangnya

Ada pula akun yang membandingkan tegasnya kasus Jerinx dengan Novel Baswedan. "Ketika hukum lebih tajam ke pengkritik ketimbang penyiram air keras
#BebaskanJRXSID," tulis @Pijeeeeee.

Sebelumnya diberitakan bahwa Drummer band Superman is Dead (SID), I Gede Ari Astana alias Jerinx (Jrx) ditetapkan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian oleh Polda Bali. Ia menjadi tersangka setelah dilaporkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setelah menyebut organisasi tersebut sebagai kacung WHO lewat Instagram pribadinya.

Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho mengatakan Jerinx langsung ditahan di Mapolda Bali setelah menjadi tersangka. “Sudah jadi tersangka, sudah diperiksa dan sudah ditahan hari ini,” kata Yuliar Kus Nugroho saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (12/8/2020).

Sumber : Twitter