Putuskan Jadi Transgender, Ini Nama Baru Oscar Lawalata ...

Putuskan Jadi Transgender, Ini Nama Baru Oscar Lawalata ...Oscar Lawalata di acara Aku dan Kain di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). - Suara.com/Vessy Frizona
01 September 2020 18:47 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Desainer Oscar Lawalata blak-blakan tentang jati dirinya yang sudah berubah menjadi seorang transgender. Hal itu diakui Oscar melalui video di channel YouTube The Lawalatas bertajuk "Merdeka Diri".

Kondisi itu sudah dirasakan Oscar Lawalata sejak lama. Selama bertahun-tahun mengerti dirinya sendiri, sosok 43 tahun ini pun semakin mantap sebagai seorang perempuan. "Saya tahu dari kecil saya adalah transgender," kata Oscar Lawalata.

"Setelah mempelajari kurang lebih lima tahun mengenai siapa saya, dari situ saya tahu, saya adalah transgender," imbuhnya.

Usai blak-blakan soal identitasnya sebagai transgender dan mendapat dukungan penuh dari keluarga, Oscar Lawalata pun kemudian mengubah namanya.

Dalam unggahan YouTube terbaru, kakak kandung Oscar Lawlata ini menceritakan makna nama baru yang ia pilih.

"Nama baru saya Asha. Asha Smara Darra. Asha itu artinya Hope atau harapan. Smara itu artinya cinta, dan Darra itu artinya pohon yang kuat," kata Oscar Lawalata, di kanal YouTube The Lawalatas pada Minggu (30/8/2020).

Meski telah mengganti namanya menjadi Asha, anak artis senior Reggy Lawalata ini tak mempermasalahkan jika orang-orang masih memanggilnya dengan nama Oscar.

Baca Juga: Sengaja Tulis 'Anjay' di Instagram, Devano Danendra Ogah Akui Lutfhi Calon Ipar

Pasalnya dia merasa toh itu cuma nama, jati dirinya sendiri tak akan berubah.

"Kalau mereka memanggil Asha saya senang. Tapi kalau mereka sudah terlanjur mengenal saya Oscar, It's Okay. Karena in the end kan sayanya nggak berubah, it's only a name gitu," tuturnya.

Oscar Lawalata juga kembali mengungkapkan alasannya baru mengakui dirinya sebagai transgender. Pasalnya memang perlu waktu yang tak sebentar baginya untuk menjelaskan pada keluarga dan untuk memahami dirinya sendiri.

"Memang tidak waktu saya bercerita ke mama saya dan Mario itu nggak langsung oh oke, we are understand, nggak begitu. Mereka banyak pertanyaan, memang kenapa? Memang harus begini? Memang harus begitu? Dan itu perlu tahunan. Lama untuk mengerti di satu titik bahwa saya wanita.

"Dari saya 17 tahun, dari remaja sampai saya umur 35 tahun sata hanya berpikir saya unik. I feel I'm more woman in My heart. Tapi itu nggak terlalu saya selami karena saya ya sudah sibuk sama diri saya. Sampai di lima tahun itu saya mulai berpikir bahwa oke apa sih itu transgender? Baru saya pelajari dan saya mulai mengerti dan saya lebih tenang karena saya merasa bahwa ah so this is me gitu," ungkapnya lagi.

Baca Juga: Lagu 'Ice Cream' Blackpink feat Selena Gomez Dinilai Hina Islam, Begini Klarifikasinya...

Oscar baru mengakui transgender di usia 40 karena selama ini dia banyak memahami diri sendiri. Dan sebagai publik figur dia tidak ingin ada yang ditutup-tutupi. Dia ingin berbgai pengalaman, pikiran dan perjalanan hidup terutama sesuatu yang dilihat tabu ini.

Keputusan Ocar Lawalata jadi perempuan memang mengejutkan publik. Hal ini diungkap sendiri oleh sang ibu, Reggy Lawalata dalam saluran YouTube The Lawalatas yang diunggah 5 Agustus 2020. "Wanita, firm," demikian penegasan Reggy menjawab pertanyaan "Jadi pilihan gender oscar itu apa?"

Oscar Lawalata juga tak ingin memaksakan kehendak orang-orang untuk menerimanya. Baginya, itu adalah hak mereka. Bahkan dia tidak masalah apabila orang-orang masing memanggilnya dengan sebutan mas, bukan mba.

"Dipanggil mba, ibu, i'm okay. Kalau dipanggil mas saya juga nggak masalah. Buat saya, kita tidak membatasi pemikiran orang. Selama dia tidak menghina," kata Oscar Lawalata.

"Saya kalo ditanya, prefer panggil saya apa, panggil nama aja. Atau panggil saya kak," tandasnya. Indah banget kan nama baru Oscar Lawalata?

Sumber : suara.com