Mirip Above The Time Milik IU, Video Klip Via Vallen Banjir Protes

Mirip Above The Time Milik IU, Video Klip Via Vallen Banjir ProtesVia Vallen - Instagram @viavllen
24 Oktober 2020 10:17 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Video musik single terbaru Via Vallen berjudul Kasih Dengarkanlah yang baru saja dirilis banjir protes. Video itu dianggap menjiplak keseluruhan konsep video musik dari laku Above The Time milik penyanyi dan pencipta lagu Korea Selatan, Lee Ji-eun atau yang terkenal dengan nama IU.

Protes datang dari penggemar IU. Di Twitter bahkan media Korea Allkpop juga memberitakan hal tersebut.

Baru-baru ini, komunitas online Korea sedang heboh saat seorang netizen Korea menemukan video musik dari seorang penandatangan Indonesia yang sangat mirip dengan video musik IU untuk Above the Time.

Pada 24 Oktober KST, seorang netizen memposting berbagai tangkapan layar dari dua video musik secara berurutan. Netizen ini mengingatkan bahwa video tersebut bukanlah parodi melainkan video musik sebenarnya yang dirilis oleh penyanyi Indonesia Via Vallen.

Sejak postingan tersebut dibuat, banyak netizen Korea yang menyatakan bahwa penyanyi Indonesia tersebut blak-blakan menjiplak video musik IU meski tanpa berusaha membuatnya terlalu kentara.

Sejak awal, berbagai aspek video musik telah ditiru dengan sangat erat. Alur ceritanya sangat mirip, dan bahkan alat peraga yang digunakan dalam film juga serupa. Tulis allkpop.

Menyebar secara Global

Sejak kontroversi meningkat dan menyebar secara global, agensi penyanyi Indonesia tersebut membuat pernyataan yang mengklaim bahwa artis dan agensi hanya mengikuti arahan sutradara dan tidak mengetahui kesamaan tersebut.

Sementara itu, pihak agensi membalas protes netizen di kanal Youtube itu dengan mengatakan bahwa itu adalah konsep dari sutradara.

Berikut pernyataan lengkap mereka

Menanggapi berbagai komentar dan reaksi dari Video Klip single terbaru Via Vallen Feat Dyrga Dadali yang berjudul Kasih Dengarkanlah Aku, dengan ini kami Ascada Musik menyampaikan beberapa tanggapan, diantaranya:

1. Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara.

2. Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip. Demikian kiranya, beberapa tanggapan yang bisa kami sampaikan, atas berbagai komentar dan saran yang sudah kami terima, dari dirilisnya video klip tersebut. Terima kasih.

Sumber : JIBI/Bisnis.com