Lagu K-Pop Hilang dari Spotify, Penggemar K-Pop Ngamuk

Lagu K-Pop Hilang dari Spotify, Penggemar K-Pop NgamukKontrak kerja sama Kakao M dan Spotify telah berakhir, sehingga lagu K/Pop di Kakao M telah dihapus
01 Maret 2021 12:37 WIB Rika Anggraeni Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mulai hari ini 1 Maret 2021, ratusan lagu K-Pop yang didistribusikan Kakao M telah dihapus dari Spotify secara global.

Mengutip dari NME pada Senin (1/3/2021), juru bicara Spotify mengonfirmasi bahwa Kakao M tidak lagi tersedia karena perjanjian lisensi yang telah berakhir.

“Kami telah bekerja dengan KakaoM selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global," ucapnya pada 1 Maret 2021.

Berakhirnya lisensi antara Kakao M dengan Spotify membuat penggemar K-Pop kecewa sebab mereka tidak bisa lagi mendengarkan musik di Spotify. Adapun lagu-lagu tersebut berasal dari IU, SEVENTEEN, CRAVITY, DPR Live, dan masih banyak lainnya.

"KakaoM dimiliki oleh Melon. Melon memiliki layanan streaming yang jelas turun popularitasnya karena peluncuran Spotify. Awalnya mereka hanya menghentikan artis mereka berada di Spotify Korea. Tapi jelas itu tidak berhasil, jadi mereka juga menghapusnya secara global," cuit akun @GraysonMari.

Penggemar lainnya merasakan kekecewaan atas hilangnya beberapa musik K-Pop dari Spotify. Mereka menyatakan telah berusaha keras untuk mendengarkan lagu artis kesukaan mereka dan lagu tersebut hilang dari Spotify.

"Jadi Seventeen adalah artis yang paling terpengaruh oleh masalah Kakao M dan Spotify ini? Kami kehilangan hampir 1 miliar. Sangat membuat frustrasi, para penggemar bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mendapatkan itu. Saya adalah streamer harian dari diskografi Seventeen di Spotify dan sayang sekali lagu favorit saya telah dihapus," cuit akun @babycaratsii.

Dihapusnya ratusan lagu K-Pop dari Spotify membuat beberapa penggemar beralih menggunakan layanan streaming lain seperti YouTube Music dan Apple Music.

"Kakao M mengira orang akan pergi ke Melon setelah mereka menghapus konten mereka dari Spotify, tetapi sebaliknya kita semua pergi ke YouTube music dan Apple music," cuit akun @millkygyuu.

Sementara itu, beberapa lagu K-Pop yang menjadi soundtrack drama Korea juga ikut menghilang dari Spotify.

"Kosong seperti hatimu," cuit akun @K_DramaIndo.

Sumber : bisnis.com