Advertisement

Uki eks NOAH Sebut Musik Maksiat, Begini Pendapat Ustaz Solmed

Newswire
Senin, 02 Agustus 2021 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Uki eks NOAH Sebut Musik Maksiat, Begini Pendapat Ustaz Solmed Ustaz Solmed. - Ist/ Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Uki mantnan personel band NOAH menyebut musik sebagai pintu maksiat. Ustaz Solmed ikut menyoroti pernyataan tersebut, dan menganggap memang ada perdebatan soal hal itu sedari dulu.

"Ya persoalan nyanyian, musik, ini adalah persoalan yang sampai hari ini bahkan sampai hari kiamat ya, ada sejak dari dulu memang terdapat perbedaan pendapat," kata Ustaz Solmed saat dikonfirmasi, Senin (2/8/2021).

Advertisement

"Ada yang mengatakan bahwa musik itu sesuatu yang mubah, boleh-boleh saja. Ada yang mengatakan bahwa musik itu haram mutlak. Ada yang mengatakan musik itu haram tapi dengan catatan," sambungnya.

Baca juga: Anak Doyok Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Sempat Tak Mau Berobat ke RS karena Takut

Kendati begitu, menurut suami April Jasmine ini, hal tersebut tak bisa dijadikan perdebatan. Kembali lagi kepada dalil siapa yang diikuti.

"Intinya semua pendapat memiliki dasar, memiliki dalil yang bisa dipertanggungjawabkan. Baik yang menyampaikan musik itu boleh maupun musik itu sesuatu yang diharamkan," terangnya.

Beberapa sahabat Nabi pun dikatanya menghalalkan musik.

"Itu semua memiliki dasar dan dalil masing-masing sehingga harus saling menghargai dan menghormati. Bahkan beberapa sahabat Nabi ya banyak menghalalkan musik. Ada Abdullah bin Jafar misalnya dan lain-lain," tuturnya.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Eddies Adelia Masih Minum Suplemen Paru dan Hati

Sebelumnya, Uki eks NOAH menyatakan menjauhi musik setelah hijrah. Belum lama ini ia membuat pernyataan musik adalah pintu maksiat.

Apabila seseorang tidak lagi berurusan dengan musik, otomatis ia juga akan menutup pintu-pintu berbau haram atau hal yang dilarang.

"Jadi dari segi musiknya, karena ketika musik itu nggak kalian lakukan, otomatis kalian menutup pintu khamar (minuman keras), rokok juga, terus bercampur dengan wanita. Ya, jadi dengan menutupnya pintu musik dan industri musik, kalian itu menutup banyak hal yang sifatnya mudharat (merugikan)," tutur Uki.

Ia juga mengaku bahwa apa yang dilakukannya dahulu dalam bermusik tidak membuatnya bangga. Sebab kariernya di NOAH dirasa tidak akan bisa meningkatkan derajatnya di hadapan Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Pihak Ryu Joon Yeol dan Han So Hee Akhirnya Mengakui Adanya Hubungan Kasih

Hiburan
| Sabtu, 16 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement