Fantastis! Netflix Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Fantastis! Netflix Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid GameNetflix. Bloomberg
17 Oktober 2021 15:57 WIB Nindya Aldila Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Netflix memperkirakan bahwa serial megahit terbarunya "Squid Game" akan meraih keuntungan hampir US$900 juta atau sekitar Rp12,87 triliun (kurs Rp14.300/US$).

Dikutip dari Bloomberg, Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu. Netflix menarik keuntungan dengan menggunakan katalog filmnya dan irama rilis baru yang stabil untuk menarik pelanggan setiap minggu.

Tetapi perusahaan memiliki banyak data tentang apa yang ditonton pelanggannya, yang digunakan perusahaan untuk menentukan nilai yang diperoleh dari program individual.

Squid Game menonjol karena popularitasnya, dan biayanya yang relatif rendah. Serial drama Korea Selatan ini bercerita tentang orang-orang yang berhutang dalam kontes mematikan untuk mendapatkan hadiah uang tunai. Serial ini menghasilkan nilai dampak US$891,1 juta, berdasarkan metrik yang digunakan perusahaan untuk menilai kinerja dari pertunjukan serial atau film.

Acara ini menghabiskan biaya hanya US$21,4 juta untuk produksi atau sekitar US$2,4 juta per episode. Angka-angka itu hanya untuk musim pertama, dan berasal dari dokumen yang merinci metrik kinerja Netflix untuk pertunjukan tersebut.

Dokumen tersebut menggarisbawahi betapa suksesnya acara yang satu ini untuk Netflix, dan menawarkan gambaran paling jelas tentang bagaimana jaringan TV online paling populer di dunia menilai keberhasilan programnya.

Netflix telah merilis metrik pemirsa yang dipilih sendiri untuk beberapa acara TV dan film, tetapi tidak membagikan metrik yang lebih rinci dengan pers, investor, atau bahkan pembuat program itu sendiri. Menebak popularitas acara tertentu telah menjadi semacam permainan di Hollywood, bahkan saat Netflix mulai merilis datanya.

Seorang pengacara yang mewakili Netflix mengatakan dalam sebuah surat kepada Bloomberg bahwa tidak pantas bagi Bloomberg untuk mengungkapkan data rahasia yang terkandung dalam dokumen yang telah ditinjau oleh Bloomberg.

"Netflix tidak membahas metrik ini di luar perusahaan dan mengambil langkah signifikan untuk melindunginya dari pengungkapan," kata pengacara itu.

Beberapa angka cukup jelas, dan mencerminkan data yang telah dilaporkan Netflix dan layanan lainnya. Sekitar 132 juta orang telah menonton setidaknya dua menit "Squid Game" dalam 23 hari pertama pertunjukan. Ini memecahkan rekor Netflix yang dibuat oleh "Bridgerton."

Angka dua menit adalah yang dirilis Netflix ke publik untuk beberapa pertunjukan. Perusahaan mencatat ada 111 juta orang aktif di Netflix pada awal bulan ini, tetapi itu didasarkan pada data lama.

BACA JUGA: Nonton Semifinal Thomas Cup, Nicholas Saputra: Jantung Mau Copot

Dalam kasus "Squid Game," Netflix memperkirakan bahwa 89 persen orang yang memulai acara menonton setidaknya 75 menit (lebih dari satu episode) dan 66 persen pemirsa, atau 87 juta orang, telah menyelesaikan seri ini di 23 hari sejak rilisnya. Semua penonton di dunia telah menghabiskan lebih dari 1,4 miliar jam menonton serial yang diproduksi oleh Siren Pictures ini.

Netflix sebelumnya melaporkan laju penambahan pelanggan paling lambat sejak 2013 pada paruh pertama tahun ini, dan menyalahkan kurangnya acara hit baru. Namun, kondisi ini berbalik setelah rilis Squid Game.

Sumber : Bisnis.com