Advertisement

Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Ternyata Ada Hubungannya dengan Jogja

Newswire
Rabu, 22 Desember 2021 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Ternyata Ada Hubungannya dengan Jogja Ilustrasi ibu. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Ada sejarah bagaimana pada tanggal ini bisa ditetapkan sebagai perayaan nasional. Dan usut punya usut, ceritanya berhubungan dengan Kota Gudeg, Jogja. 

Awal sejarah Hari Ibu dari Kongres Perempuan Indonesia yang dulu diselenggarakan pada 22-25 Desember 1928 di Jogja. Merangkum dari Wikipedia Indonesia, tanggal tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai Hari Ibu pada tahun 1959, tepatnya pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Melalui Kongres Perempuan tersebut, akhirnya ditetapkan secara resmi bahwa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Hal ini juga wujud dari perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Profil Tisya Erni, Selebgram yang Dikaitkan dengan TE & Pernah Digosipkan Jadi Selingkuhan Sule

Hal ini berdasarkan keputusan Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden No. 316 th 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu.

Hari Ibu memiliki banyak makna, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Dengan saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Artikel ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Sejarah Hari Ibu, Wujud Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Lahan Terendam Air, Petani Rugi Ratusan Juta Rupiah

Bantul
| Kamis, 06 Oktober 2022, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Lesti Kejora Alami KDRT, Rizky Billar Mangkir dari Panggilan Polisi

Hiburan
| Kamis, 06 Oktober 2022, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement