Advertisement

Tampil di Festival Coachella, 2 Penyanyi Indonesia Ini Sukses Go International

Lajeng Padmaratri
Minggu, 17 April 2022 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Tampil di Festival Coachella, 2 Penyanyi Indonesia Ini Sukses Go International Niki Zefanya. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Niki dan Rich Brian menjadi penyanyi Indonesia pertama yang tampil di festival musik bergengsi Coachella 2022. Bagaimana perjalanan musik mereka selama ini hingga Go International?

Media sosial diramaikan dengan pembahasan mengenai Niki, penyanyi perempuan berusia 23 tahun asal Indonesia yang berhasil tampil di Coachella. Tak sendiri, rekan penyanyi satu labelnya di 88rising yaitu Rich Brian atau Brian Imanuel juga tampil dalam festival yang sama.

Coachella atau The Coachella Valley Music and Arts Festival adalah sebuah festival musik dan seni tahunan yang diadakan di Coachella Valley di California, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Sinopsis Film 12 Cerita Glen Anggara, Tayang 18 Agustus 2022

Festival musik yang menjadi salah satu yang terbesar di Amerika Serikat ini merupakan festival yang pertama kali diselenggarakan setelah pandemi menunda acara musik ini sejak 2020.

Tahun ini, Coachella diselenggarakan pada 15-24 April 2022. Pada 2017 lalu, acara musik ini dihadiri oleh total 250.000 penonton selama dua pekan.

Untuk pertama kalinya, seorang penyanyi perempuan dari Indonesia tampil di Coachella. Niki tampil pada Jumat (15/4/2022) waktu Amerika Serikat atau Sabtu (16/4/2022) waktu Indonesia. Sementara keesokan harinya, Rich Brian juga manggung di Coachella.

Dalam sesi wawancara sebelum tampil, Niki ditanyai oleh seorang pembawa acara. "Bersama dengan Rich Brian, kamu menjadi penyanyi pertama asal Indonesia yang tampil dalam Coachella, bagaimana perasaan kamu? Ini sejarah," kata pembawa acara tersebut.

Niki mengaku bersyukur bisa menjadi penyanyi perempuan Indonesia pertama yang tampil di Coachella. "Ya ini sejarah, dan sekali lagi, saya sangat bersyukur, saya begitu beruntung bahwa saya dalam posisi ini, luar biasa. Seminggu lalu, aku merasa gugup. Dan di sini aku melakukannya, dan itu luar biasa," jawab Niki.

BACA JUGA: Tonton Bersama Keluarga! Ini 5 Rekomendasi Film Bertema Paskah

Advertisement

Niki menyanyikan sejumlah lagu hitnya, mulai dari lowkey hingga Every Summertime. Bahkan, dia juga membawakan lagu Andra and The Backbone yang berjudul Sempurna. Hal ini membuatnya ramai dibicarakan di media sosial.

"Lagu berikutnya adalah untuk keluargaku, dan untuk negaraku," kata Niki sebelum membawakan Sempurna.

Single Marvel Studios

Advertisement

Nama perempuan kelahiran Jakarta, 24 Januari 1999 itu mungkin tidak begitu tenar di Indonesia. Namun, di kancah Internasional, ia sudah mencetak prestasi.

Selain tampil di Coachella, lagu terbarunya juga patut diapresiasi. Sebab, lagu yang memiliki suasana nostalgik itu dirilis sebagai single utama dari lagu tema resmi untuk film besutan Marvel Studios, Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings. Perilisan single tersebut di bawah naungan Marvel Music/Hollywood Records dan Interscope Records.

Kecintaan Niki terhadap musik sudah tumbuh dari kecil. Dalam sebuah wawancara, Niki mengaku telah mempelajari piano pada usia delapan tahun dan bermain gitar saat duduk di bangku kelas IV SD.

Kegemarannya bermusik membawanya pada hobi untuk mengcover beberapa lagu yang diunggah ke Youtube. Di sinilah gerbang kesuksesan mulai terbuka dengan tampilnya dia sebagai opening act di konser Taylor Swift di Jakarta pada 2014 silam.

Advertisement

BACA JUGA: Jadi Hit di Spotify, Ini Lirik dan Chord Bertahan Terluka - Fabio Asher

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Niki bukan hanya sekadar mengcover lagu-lagu hits tapi mulai menciptakan lagu. “Inspirasinya banyak, ada yang dari pengalamanku dan melihat keadaan sekitar,” kata pemilik nama panjang Niki Zefanya itu.

Setelah musik dianggap menjadi penyaluran bakat dan hobi, Niki lantas hijrah ke Amerika Serikat pada 2017. Namun, bukan untuk berkarier sebagai penyanyi melainkan fokus kuliah dan bekerja. Rupanya, Tuhan punya rencana lain, ketika dia dipertemukan dengan Rich Brian yang membawa gadis cantik ini masuk di label 88rising.

Advertisement

“Dia [Brian] mengagumi karyaku dan mengajak aku masuk di label dunia tersebut, kenapa harus disia-siakan?” kata Niki.

Rich Brian./Youtube

Tugu Monas

Selain Niki, Rich Brian juga menunjukkan kebanggaannya terhadap negara asalnya yaitu Indonesia saat tampil di Coachella. Dalam penampilannya membawakan salah satu lagu, ia menyematkan gambar Monas di layar panggung.

Advertisement

"If you guys who don't know me, my name is Rich Brian. I come from Jakarta, Indonesia. If you guys know me, welcome to the show," ucap Brian di atas panggung.

Dalam wawancara sebelum tampil, dia sempat mengaku terinspirasi oleh Joe Taslim yang juga Go International karena bakat bela dirinya. Lantaran pernah menonton film aktor tersebut beberapa tahun lalu, ia jadi memiliki mimpi untuk bisa tampil di Hollywood sama seperti Joe Taslim yang membintangi The Raid sebelum main di Fast and Furious.

Rapper ini juga mengungkapkan bahwa saat itu ia iri dengan Joe Taslim. 

Seperti Niki, Rich Brian juga memulai karier bermusiknya lewat Youtube. Dia merilis lagu pertamanya pada 17 Juli 2015 yang berjudul Living Dream melalui Youtube.

Advertisement

Tak berapa lama, dia merilis lagu Dat $tick yang mendongkrak ketenarannya hingga dikenal di skala internasional. Berkat single itu, dia berkolaborasi dengan penyanyi ternama dunia, seperti Zhu, Skrillex, dan THEY.

Ia juga telah berhasil menggelar konser pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2017 lalu. Pada 1 Januari 2018, dia merilis lagu See Me di saluran Youtube 88rising dengan nama panggung Brian setelah awalnya menyebut dirinya sebagai Rich Chigga.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Tilang Keliling Berlaku di Seluruh Gunungkidul, Begini Cara Kerjanya..

Gunungkidul
| Minggu, 14 Agustus 2022, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sinopsis Laal Singh Chadha, Duet Akting Aamir Khan dan Kareena Kapoor 

Hiburan
| Minggu, 14 Agustus 2022, 16:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement