Advertisement

Mirip Lokasi KKN di Desa Penari, Ini 4 Desa Mistis di Jawa

Newswire
Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mirip Lokasi KKN di Desa Penari, Ini 4 Desa Mistis di Jawa KKN Di Desa Penari - MD Pictures

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Cerita KKN di Desa Penari sempat viral dan trending di Twitter pada 2019. Hingga kini banyak orang yang penasaran dengan lokasi KKN tersebut. 

Meskipun telah viral dan banyak dibicaran oleh masyarakat, penulis asli kisah mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penari hingga kini enggan menyebutkan secara spesifik dimana lokasi KKN yang dimaksud. Penulis hanya memberikan inisial lokasi KKN yang diawali dengan huruf B. Sehingga membuat warganet menerka-nerka kota mistis itu berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Lantas sebenarnya lokasi KKN di Desa Penari dimana?

Advertisement

Kisah KKN Desa Penari mulai heboh di Twitter pada tahun 2019 lalu. Dalam utas menceritakan pengalaman horor sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN disebuah desa terpencil di tengah hutan. Bahkan 2 dari 6 mahasiswa meninggal dunia akibat tidak mematuhi pantangan di desa tersebut.

Belakangan KKN di Desa Penari kembali menjadi perbincangan warganet lantaran kisahnya diangkat ke layar lebar oleh MD Pictures. Dan kini sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Antusiasme masyarakat melonjak sejak awal penayangannya pada 30 April 2022 lalu.

Baca juga: "KKN Di Desa Penari" Jadi Film Horor Terlaris Sepanjang Masa

Meski penulis tidak menyebut secara detail di mana lokasi KKN tetsebut. Namun 4 lokasi berikut sering digadang-gadang menjadi desa mistis yang dimaksud. Untuk mengetahuinya, simak 4 lokasi KKN di Desa Penari berikut ini, dilansir dari suara.com-jaringan Harianjogja.com.

1. Alas Purwo

Alas Purwo menjadi hutan yang dikenal paling angker di pulau Jawa dan disebut-sebut sebagai lokasi asli KKN Desa Penari. Sejumlah paranormal menyebut bahwa Alas Purwo menjadi kerajaan jin sebab di tempat ini menjadi berkumpulnya jin.

Pohon-pohon di Alas Purwo tumbuh menjulang tinggi dan besar-besar. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang yang tersesat saat masuk ke Alas Purwo. Bahkan saking kerapnya orang hilang di sana, banyak orang yang menyebut peristiwa itu sebagai "diculik jin".

2. Watu Dodol

Watu Dodol menjadi salah satu tempat bersejarah di Banyuwangi pada masa penjajahan. Tempat ini merupakan buatan Jepang yanh digunakan sebagai lokasi mengintai kapal musuh. Banyak orang yang percaya bahwa lorong di Watu Dodol tembus ke Alas Purwo yang menjadi pintu gerbang ke alam ghaib.

Tempat ini juga disebut-sebut menjadi lokasi KKN di Desa Penari. Sebab terdapat patung Gandrung yang dipercaya bisa menari saat malam hari. Selain itu, terdapat sumur yang berada di atas bunker yang dipercaya sebagai tempat lahirnya Sunan Giri.

3. Goa Istana

Goa Istana menjadi loksi yang disebut-sebut menjadi lokasi KKN Desa Penari, sebab goa ini berada di dalam alas Purwo. Konon goa ini disebut menjadi tempat semedi Bung Karno yang menghubungkan Presiden pertama Indonesia ini dengan Nyi Roro Kidul di laut Selatan.

Sejumlah paranormal menyebut Goa Istana sebagai pusat kerajaan jin. Terdapat dua penjaga gaib yang mendiami goa tersebut.

4. Rowo Banyu

Lokasi KKN di Desa Penari yang terakhir yaitu Rowo Banyu. Tempat ini sebenarnya menjadi tempat bersejarah karena kisah mistis masa lalu Rowo Banyu yang dimulai sejak kerajaan Blambanhan. Sehingga lokasi ini kerap dijadikan tempat wisata yang terletak di tengah hutan nan asri.

Kini Rowo Banyu kerap dijadikan lokasi wisata spiritual. Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan sejumlah kegiatan di sekitar petilasan Prabu Tawang Alun.

Sementara lokasi syuting film KKN di Desa Penari sendiri diketahui berada di lereng Gunung Merapi. Tepatnya di Plunyon Kalikuning yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Jogja.

Itulah tadi ulasan mengenai lokasi KKN di Desa Penari. Semoga informasi tersebut menjawab rasa penasaran Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement