Advertisement

Viral Bus Ditahan Gara-gara Penumpang Berak dan Tinjanya Jatuh di SPBU

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 08 Juni 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Bus Ditahan Gara-gara Penumpang Berak dan Tinjanya Jatuh di SPBU Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Bus-bus di Indonesia menyediakan fasilitas yang beragam. Ada yang menyediakan fasilitas toilet di dalamnya tetapi ada pula yang tidak. Meski dilengkapi toilet dalam, penumpang tidak boleh sembarangan menggunakannya. 

Ada ketentuan yang berlaku yang harus dipatuhi penumpang jika akan menggunakan fasilitas toilet bus, yakni hanya boleh dipakai untuk kencing atau buang air kecil saat bus sedang melaju. Toilet ini juga tidak boleh dipakai untuk buang air besar (BAB). 

Advertisement

Namun belakangan ini viral sebuah video yang mengangkat soal penggunaan toilet bus. Akun TikTok @ezamaulana mengunggah sebuah kejadian dimana sebuah bus terpaksa dihentikan dan didenda lantaran ada penumpang yang diduga buang air besar di toilet bus. Parahnya lagi, kotoran yang keluar dari lubang toilet bus itu terjatuh saat bus berhenti di SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Video viral itu diberi judul "Perkara T*i bis ketahan". 

""Lagi isi solar tiba2 tai jatoh dari bis pas di SPBU, akhirnya bis ketahan kena denda, dan satu bis gak ada yg ngaku itu t*i siapa. Baru tau aku ternyata toilet bis langsung jatoh ke bawah," bunyi tulisan yang ada dalam video tersebut.

Melihat kejadian itu, salah seorang petugas langsung masuk ke bus dan berdiri di hadapan penumpang. Ia menanyakan kepada penumpang siapa yang berak di toilet bus.

Baca juga: Nia Ramadhani Cerita soal Kasus Narkobanya: Kejadian Kemarin Bukan Musibah

"Yang berak siapa, soalnya enggak bakalan jalan ini busnya," kata petugas itu sembari menatap ke arah penumpang dan menunggu salah satu di antara mereka mengaku.

Sontak postingan itu langsung dibanjiri komentar. Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah mendapat komentar lebih dari 36.000.

Ada yang berkomentar mending busnya tidak jalan daripada harus mengaku karena pasti akan menanggung malu. "Kalo gue mending ga usah jalan bisnya daripada harus ngaku," tulis salah satu akun.

Yang lain banyak yang menggambarkan suasana hati penumpang yang disinyalir BAB di bus tersebut.

"yg berak: pengalaman naik bis terburuk seumur hidup".

"yang berak jantung nya berdebar debar takut ada yang cepu".

"Yg berak auto keringet dingin".

"sampai sekarang yg berak masih mencoba menjaga rahasia".

Ada pula yang memberikan penjelasan bahwa toilet di bus hanya digunakan untuk pipis atau buang air kecil. Penggunaannya pun harus saat bus sedang berjalan. "Toilet bus kan hanya untuk pipis itupun kalo bus nya jalan, kalo berhenti gaboleh karena langsung jatuh ke bawah kotorannya," tulis salah satu akun.

Perusahaan Oto Bus yang menyediakan fasilitas toilet di dalam bus biasanya menuliskan aturan penggunaan toilet di pintu toilet. Pada dasarnya, toilet tidak boleh digunakan untuk buang air besar tetapi hanya untuk buang air kecil. Penggunaan untuk kending pun hanya oleh dilakukan saat bus sedang berjalan. 

Hal ini dikarenakan bus tidak memiliki saptic tank atau tempat penampungan kotoran. Kotoran yang dibuang lewat pipa toilet akan langsung jatuh ke tanah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : TikTok

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement