Advertisement

Putri Marino & Dian Sastro Bakal Bintangi "Gadis Kretek", Ini Sinopsisnya..

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Juli 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Putri Marino & Dian Sastro Bakal Bintangi Putri Marino (kiri) dan Dian Sastro (kanan). - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kata "Gadis Kretek" mendadak trending di Twitter hari ini, Kamis (14/7/2022). Usut punya usut, Gadis Kretek ternyata sebuah novel karya Ratih Kumala yang akan diangkat menjadi serial di Netflix.

Hebohnya lagi, dua aktris papan atas Tanah Air, Putri Marino dan Dian Sastro akan tampil menjadi pemain di serial itu. Bahkan nama Putri Marino juga ikut trending Twitter hari ini. Sebelumnya ia pernah sukses berkat serial Layangan Putus yang ia bintangi bersama Reza Rahadyan. 

Di Twitter, foto Putri Marino dan Dian Sastro yang sama-sama tengah membaca naskah Gadis Kretek tersebar. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, dikarenakan mengangkat dari novel berjudul serupa, sinopsis Gadis Kretek bisa jadi memiliki alur cerita yang sama. Novel Gadis Kretek sendiri menceritakan tentang Pak Soeraja yang sudah sekarat.

Baca juga: Netflix Sedang Produksi Serial Dokumenter Tentang David Beckham

Di tengah waktu menanti ajal, Soeraja memanggil perempuan yang bukan istrinya bernama Jeng Yah. Hal tersebut ternyata membuat Kretek Djagad Raja jadi gundah. Terlebih sang ibu (istri Soeraja) terbakar api cemburu karena permintaan terakhir sang suami adalah untuk bertemu Jeng Yah.

Tapi ketiga anak Soeraja yakni Lebas, Karim dan Tegar tetap mencari keberadaan Jeng Yah ke pelosok Jawa. Ketika dalam perjalanan mencari jejak Jeng Yah, ketiga anak Soeraja itu dibukakan informasi dan rahasia keluarga.

Mereka juga bertemu buruh bathil (pelinting tua) yang menguak asal-usul Kretek Djagad Raya hingga menjadi Kretek nomor 1 di Indonesia. Selain itu ketiganya pun mengetahui kisah cinta sang ayah dengan Jeng Yah. Terungkap bahwa Jeng Yah adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal kota M yang terkenal pada zamannya.

Sebagai informasi, novel Gadis Kretek ini berlatar belakang periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan. Beberapa kota yang menjadi latar ceritanya yakni Kota M, Kudus dan Jakarta.

Advertisement

Selain Dian Sastro dan Putri Marino, sejumlah nama pun dikabarkan akan turut meramaikan serial Gadis Kretek. Nama-nama yang disebut akan menjadi pemeran di antaranya adalah Ibnu Jamil, Arya Saloka, Ine Febriyanti, Tissa Biani, Sheila Dara Aisha, Winky Wiryawan dan Ario Bayu.

Sementara itu untuk kursi sutradara yang akan mengarahkan serial Gadis Kretek ini adalah sutradara kondang Kamila Andini. Jadi bagaimana, apakah nantinya tertarik menonton serial Gadis Kretek di Netflix?

"Wah, Putri Marino dan Dian Sastro akan berada dalam satu projek guys. Serial Netflix pertama Indonesia yang berjudul Gadis Kretek ini sangat layak untuk dinantikan yah," komentar warganet. 

Advertisement

Ada pula yang senang karena film itu juga akan mendatangkan Arya Saloka. Yeeeaaayyy si bapak @arya_saloka main di film #gadiskretek bareng Dian Sastro dan Putri Marino. Can't wait," tulis salah satu akun Twitter. 

Fakta Unik Gadis Kretek

Novel Gadis Kretek diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. Gadis Kretek merupakan salah satu karya Ratih Kumala yang masuk dalam sepuluh besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2012.

Selain itu Gadis Kretek sendiri lebih banyak menggunakan narasi dibanding dialog dan mengangkat budaya Jawa khususnya mengenai pergerakan pabrik kretek di awal-awal berdirinya Indonesia.

Advertisement

Bukan hanya mengagkat soal kehidupan keluarga penghasil kretek, serial Gadis Kretek ini juga merupakan serial original pertama Indonesia yang diproduksi oleh Netflix.

Namun walau telah digadang-gadang akan menembus pasar besar industri kreatif Indonesia, pihak Netflix belum bisa memastikan jadwal penayangan serial Gadis Kretek ini. Diketahui, produksi serial yang telah dimulai tahun ini membuat banyak pecinta sastra tak sabar menonton serial karya anak bangsa ini.

Sumber : Twitter, Suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kronologi Orang Tua Siswa SMAN 1 Wates Diduga Disekap & Diintimidasi karena Laporkan Masalah Seragam

Jogja
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Aksi Superhero DC di Justice League Tayang di Trans TV Malam Ini

Hiburan
| Senin, 03 Oktober 2022, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement