Advertisement

Bioskop Online: Mengatasi Pembajakan Seperti Menguras Air Laut

Sirojul Khafid
Minggu, 28 Agustus 2022 - 12:47 WIB
Sirojul Khafid
Bioskop Online: Mengatasi Pembajakan Seperti Menguras Air Laut Suasana kunjungan managemen Bioskop Online ke Kantor Harian Jogja, Sabtu (27/8/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengatasi pembajakan, dalam hal ini konten film yang ada di layanan streaming seperti menguras air laut atau susah. Hal ini disampaikan oleh VP Growth Marketing of Digital Business Visinema, Bonifacius Soemarmo saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Sabtu (27/8/2022).

Meski pelaporan dan penanganan tetap dilakukan agar praktik pembajakan terus berkurang. Semisal pembajakan berada di Youtube, maka akun tersebut di-report. “Kami memiliki tim yang bertugas memantau semisal ada konten kami yang dibajak,” kata Bonifacius.

Meski lagi-lagi, walaupun sudah ada tim khusus, pembajakan tetap saja tumbuh. Bahkan dengan semakin canggihnya teknologi untuk mengatasi pembajakan, pencuri konten ini juga bertindak semakin canggih.

Sehingga hal yang lebih penting dari itu berupa edukasi. “Perlu memberikan edukasi pada masyarakat. Dengan tidak membajak, maka masyarakat menghargai karya kreator. Edukasi ini yang perlu konsisten dilakukan,” katanya.

BACA JUGA: House of the Dragon Berlanjut ke Musim Kedua

Edukasi inilah yang juga Bioskop Online lakukan. Lahir pada masa pandemi Covid-19 atau tahun 2020, platform ini mencoba mendekatkan akses masyarakat dalam menonton film. Kala itu, saat bioskop tidak beroperasi, konten kreator juga perlu ruang untuk menyalurkan karyanya.

“Sistem kami, masyarakat bisa menonton atau menyewa per film, jadi tidak langganan per bulan. Karena kadang sudah berlangganan, tapi yang ditonton hanya beberapa film saja. Ini menjadi sebuah solusi,” kata Bonifacius.

Selain itu, bagi kota-kota atau daerah yang belum ada bioskop, maka Bioskop Online bisa menjadi solusi. Terlabih bagi masyarakat yang hendak menonton film Indonesia yang sudah tayang beberapa tahun silam, yang tidak ditemukan di layanan streaming lain.

Sejuah ini, sudah ada lebih dari 100 film Indonesia yang bisa dinikmati di Bioskop Online. Dalam sebulan, ada sekitar 600.000 pengguna Bioskop Online. Adapun pengunduh aplikasinya sudah menjadi sejuta akun lebih.

BACA JUGA: Ini Daftar Artis yang Akan Tampil di Dieng Culture Festival 2022, Ada Denny Caknan

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kompensasi Kenaikan BBM di Gunungkidul Belum Bisa Dicairkan

Gunungkidul
| Minggu, 02 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Bocoran Spin-off Money Heist 'Berlin', Tayang 2023 di Netflix

Hiburan
| Minggu, 02 Oktober 2022, 06:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement