Advertisement

7 Film yang Layak Ditonton Saat Hari Guru

Widya Islamiati
Jum'at, 25 November 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Film yang Layak Ditonton Saat Hari Guru Film Guru Bangsa Tjokroaminoto - youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Tanggal 25 November atau yang jatuh pada hari ini Jumat (25/11/2022) diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan ini bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Hari guru nasional tersebut ditetapkan dengan tujuan untuk menghormati pengorbanan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut di Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dikutip dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, ada beberapa judul film Indonesia yang mengusung tema guru yang cocok ditonton dalam momen Hari Guru Nasional saat ini. 

Berikut rekomendasi film bertema guru:

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film ini disutradarai oleh John de Rantau yang oleh Albert Thom Joshua Fakdawer, Ryan Stevano William Manobi, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen dan Marcella Zalianty. Film ini berhasil masuk panitia seleksi Piala Oscar tahun 2008. 

Film Denias, Senandung di Atas Awan ini diadaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua yang bernama Janias. Dalam film, dikisahkan tentang perjuangan Denias, seorang anak suku pedalaman Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak. 

2. Laskar Pelangi (2008)

Siapa yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Film legendaris yang diadaptasi dari novel yang cukup fenomenal karya Andrea Hirata ini menceritakan kisah 10 orang yang sedang mengenyam pendidikan Sekolah Dasar. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi juga Cut Mini ini memperoleh 4,6 juta penonton.

3. Sokola Rimba (2013)

Film yang disutradarai oleh Mira Lesmana ini menceritakan kisah Butet Manurung (Prisia Nasution) yang dengan sukarela mengajarkan baca tulis pada anak-anak masyarakat suku anak dalam atau orang rimba yang tinggal di hulu Sungai Makekal di hutan Bukit Duabelas. 

Advertisement

4. Negeri 5 Menara (2012)

Man jadda wa jada, siapa yang bersungguh maka akan berhasil, kalimat ini merupakan oleh-oleh dari orang yang sudah menonton film ini atau membaca bukunya pada tahun 2012 lalu. 

Menceritakan tentang enam sahabat yang bertemu di Pondok Madani, sebuah pesantren di Ponorogo. Enam sekawan ini selalu berkumpul di menara masjid, hingga mempunyai mimpi yang besar untuk menaklukan dunia.

5. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto yang diperankan oleh aktor ternama tanah air Reza Rahadian. Selain itu, dalam film ini juga terlibat beberapa aktor dan aktris Indonesia, antara lain Christine Hakim, mendiang Didi Petet, mendiang Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty, dan lain-lain.

Advertisement

Dikisahkan cerita saat Tjokroaminoto memutuskan untuk hijrah ke Surabaya, lantaran saat bekerja di urusan pemerintah hindia belanda di Ponorogo, Tjokroaminoto melihat ketidakadilan selama ini oleh kaum pribumi. 

Hingga kemudian Tjokroaminoto membuat perusahaan Batik dan membuka kos untuk pemuda di rumahnya dan namanya semakin dikenal dalam kontribusinya di Sarekat Islam.

6. Aisyah Biarkan Kami Bersaudara (2019)

Film ini diangkat dari kisah nyata, tentang seorang wanita muslim yang menjadi guru di sebuah desa terpencil yang diperankan oleh Laudya Cynthia Bella. Setelah lulus kuliah, Aisyah memutuskan untuk menjadi guru, hingga dikirimlah dia ke Dusun Derok, Kabupaten Timor Tengah Utara. 

Tempat yang terpencil tanpa listrik dan tanpa sinyal seluler serta musim kemarau yang panjang membuat air susah didapat. Hingga mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan dari muridnya yang beragama katolik.

Advertisement

7. Guru-guru Gokil (2019)

Film ini dibintangi oleh Gading Marten yang memerankan tokoh utama bernama Taat, dia memiliki hubungan yang tidak baik dengan ayahnya. Namun, Taat akhirnya terpaksa menjadi seorang guru akibat keterpaksaan. 

Hingga dia harus berurusan dengan perampokan yang membuatnya harus bekerja sama dengan guru-guru lain dan muridnya agar bisa menangkap komplotan perampok tersebut. Selain Gading, film ini juga dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Ibnu Jamil dan sederet aktris dan aktor lainnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jogja Darurat STB! Toko Kehabisan Stok, Pemda DIY Telusuri Dugaan Penimbunan

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Ubah Toyota Jadi Ferrari, Pria Ini Berhadapan dengan Hukum

Hiburan
| Sabtu, 03 Desember 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement