Advertisement

Gerald Jerry Lawson Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Novita Sari Simamora
Kamis, 01 Desember 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gerald Jerry Lawson Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia? Gerald 'Jerry' Lawson menjadi Doodle Google hari ini, Kamis (1/12/2022). - tangkapan layar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-82 Gerald "Jerry" Lawson. Ia dikenal sebagai pelopor gim modern yang mengembangkan sistem gim video rumahan pertama dengan kartrid gim yang dapat diganti.

Google Doodle menampilkan game yang dirancang oleh 3 desainer game asal Amerika yakni Davionne Gooden, Lauren Brown, dan Momo Pixel.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jerry Lawson lahir di Brooklyn, New York pada hari ini, 1 Desember pada tahun 1940. Dia telah mengutak-atik elektronik sejak masa muda, seperti memperbaiki televisi, dan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Lawson kuliah di Queens College dan City College of New York. Dia juga memulai karirnya di Palo Alto, California. Pada saat itu, kota dan wilayah sekitarnya dikenal sebagai Silikon Valley  karena munculnya perkembangan teknologi baru yang inovatif di daerah tersebut.

Baca juga: 10 Tahun Lagi, Risiko Serangan Jantung Bisa Dideteksi lewat Ronsen Dada

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F ("F" berarti kesenangan!).

Sistem Channel F adalah konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft—salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal milik Black. Perusahaannya menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya. Meskipun mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang sisa kariernya.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game. Pencapaian Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Gerald Anderson Lawson adalah seorang insinyur, selalu ingin tahu, berpikir kritis, dan logis dalam memecahkan masalah. Dia menantang setiap insinyur untuk melampaui batas dan mendorong kaum muda untuk mengejar karir di bidang sains dan teknologi.

Sebagai seorang anak di tahun 1940-an, dia terinspirasi oleh George Washington Carver. Inspirasi itu memberikan percikan yang memicu keinginannya untuk mengejar karir di bidang elektronik. Dia mencintai apa yang dia lakukan dan melakukan apa yang dia sukai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Viral Pelatih Basket Menyamar Jadi Gadis 13 Tahun Saat Pertandingan, Akhirnya Dipecat

Hiburan
| Senin, 06 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement