Advertisement

Angkat Kisah Nyata Onggy Hianata dalam Film Terbaru, Ini Cerita Fajar Nugros

Salsabila Annisa Azmi
Rabu, 11 April 2018 - 14:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Angkat Kisah Nyata Onggy Hianata dalam Film Terbaru, Ini Cerita Fajar Nugros Dion Wiyoko dan Laura Basuki saat meet and greet Terbang, Menembus Langit di Atrium Lippo Mall, Selasa (10/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sutradara Fajar Nugros kembali menetaskan karyanya melalui sebuah film berjudul Terbang, Menembus Langit. Baginya tak mudah membuat film biopik yang mengangkat kisah perjuangan hidup Onggy Hianata, sang motivator kelas dunia.

Fajar butuh perjuangan ekstra untuk membujuk Onggy agar kisahnya dapat diangkat menuju layar lebar yang akan ditayangkan 19 April mendatang.

Advertisement

Fajar menuturkan, dia bertemu dengan sosok Onggy saat dia dan istrinya, Susanti Dewi, berkunjung ke Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Setelah mendengar lika-liku kisah hidup Onggy semasa Orde Baru, dia merasa keadaan Onggy bisa dirasakan oleh banyak orang.

Namun Fajar tak menampik, dia sempat mengalami penolakan dari Onggy, keturunan Tionghoa asal Tarakan yang saat ini menuai sukses dalam dunia motivator. "Dia merasa, saya ini siapa? Saya bukan pahlawan, saya bukan BJ Habibie jadi kenapa kisah hidup saya dibuat film? Tapi akhirnya setelah diyakinkan, beliau bersedia," kata Fajar dalam press conference Terbang, Menembus Langit di Atrium Lippo Mall, Selasa (10/4/2018).

Dalam prosesnya meyakinkan Onggy, Fajar memang sudah bertekad bahwa apa yang akan dia sajikan dalam film terbarunya bukan karena seberapa terkenal tokoh itu. Fajar yakin kisah perjuangan masa lalu Onggy, seorang minoritas di Indonesia yang hidup dalam kemiskinan, akan mampu menggerakkan hati penonton setianya.

Film Terbang, Menembus Langit berkisah tentang jatuh bangun Onggy Hianata, pemuda keturunan Tiongkok asal Tarakan, untuk menemukan jalan hidupnya di tengah kemiskinan dan kerusuhan Orde Baru yang menimpanya.

"Kami ingin mengingatkan tentang kebhinekaan Indonesia dan tentu, filosofi filmnya yaitu meraih hidup setinggi mungkin meskipun dari posisi paling bawah. Maka, kami beri juduk 'Terbang, Menembus Langit'," kata Fajar.

Melalui rumah produksi Demi Istri Production, Fajar pun menggandeng Dion Wiyoko untuk memerankan Onggy Hianata dan Laura Basuki sebagai istri Onggy, Candra Dewi. Melalui adu peran Dion dan Laura, Fajar juga ingin menyampaikan pada para penonton betapa besarnya pengaruh dukungan suami atau istri di tengah masa-masa sulit kehidupan.

"Melalui film ini ya saya ingin perlihatkan, ketika kemiskinan dan menjadi minoritas menjadi tembok besar yang mengungkung dan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa, seolah-olah masa depan jadi suram, ternyata semua bisa berubah jika kita punya tekad kuat," kata Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement