Tampil di Prambanan Jazz 2019, Yanni Ingin Perkenalkan Prambanan ke Dunia

Tampil di Prambanan Jazz 2019, Yanni Ingin Perkenalkan Prambanan ke DuniaYanni (tengah) dalam Press Conference Prambanan Jazz 2019 di Hotel Tentrem, Kamis (4/7/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
04 Juli 2019 21:57 WIB Salsabila Annisa Azmi Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Setelah menggelar konser di berbagai ikon negara, komposer legendaris asal Yunani, Yanni akhirnya akan menggelar konser orkestranya di Candi Prambanan dalam Prambanan Jazz 2019. Dalam penampilannya pada 6 Juli 2019, Yanni akan membawakan aransemen yang disesuaikan dengan ambiens Candi Prambanan.

Yanni mengaku terkesan dengan masyarakat Kota Jogja yang selalu ramah dan bahagia. Menurut dia, budaya itu lah yang membuat Candi Prambanan dan Jogja serasa rumah baginya. "Musik saya akan menyesuaikan dengan ambiens kehangatan Candi Prambanan. Saya tahu tempat ini sangat terkenal, saya ingin memberitahunya pada dunia," kata Yanni, Kamis (4/7/2019).

Sebelumnya, Yanni telah menampilkan orkestranya di berbagai ikon negara seperti Taj Mahal di India, Acropolis di Yunani, Kremlin di Rusia dan Piramida di Mesir. Yanni mengaku telah lama ingin tampil di Candi Prambanan sebagai ikon mendunia dari Indonesia.

Yanni mengatakan alasannya selalu tampil di ikon negara adalah untuk memperkenalkan ikon tersebut kepada seluruh dunia melalui musik-musiknya. "Sebab musik itu bisa dirasakan dan dimengerti siapa saja, musik adalah bahasa yang universal," kata Yanni.

Ditanya soal kejutan saat penampilannya di Prambanan Jazz 2019, Yanni mengatakan penonton akan dibuat melepaskan segala batasan teritori melalui momen ajaib saat musiknya berpadu dengan keindahan Candi Prambanan. "Mereka akan berjalan jalan ke berbagai belahan dunia dan merasa terhubung satu sama lain saat mendengarkan musik saya," kata Yanni.

Yanni mengatakan penampilannya di Candi Prambanan akan terus dikenang olehnya. Sebab suasana dan respon penonton saat itu akan berpengaruh pada inspirasinya meracik musik baru.