Advertisement

Kocak, Bocah Ini Keseleo Nyanyi Cublak-Cublak Suweng

Chelin Indra Sushmita
Kamis, 25 Juli 2019 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kocak, Bocah Ini Keseleo Nyanyi Cublak-Cublak Suweng Ilustrasi permainan Cublak/Cublak SUweng (Youtube)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Bagi masyarakat Jawa, terutama yang sudah berusia di atas 20 tahun, pasti masih ingat dengan permainan Cublak-Cublak Suweng. Permainan tradisional yang sederhana ini menjadi salah satu hiburan anak-anak di pedesaan tempo dulu.

Permainan ini diawali dengan mengundi untuk menentukan pemain yang kalah untuk berperan sebagai Pak Empo. Pak Empo ini berbaring tengkurap di tengah pemain lainnya. Pemain lain duduk melingkari Pak Empo dan menyanyikan lagu khas Cublak-Cublak Suweng sambil menjalankan satu benda yang kemudian di sembunyikan di salah satu tangan pemain di akhir nyanyian.

Advertisement

Lagu pengiring Cublak-Cublak Suweng yang khas ini dinyanyikan dengan lirik berbahasa Jawa. Lagu yang cukup mudah didengar dan dihafalkan ini memang sering dinyanyikan. Seperti terekam dalam video viral unggahan pengelola akun @ragamsolo, Rabu (24/7/2019), yang membagikan rekaman seorang bocah SD menyanyikan lagu Cublak-Cublak Suweng dengan lucu.

Bocah lelaki tersebut dibantu gurunya menyanyikan lagu permainan tersebut dengan lantang di depan kelas. Namun, dia salah melafalkan beberapa penggal lirik yang memicu gelak tawa teman-temannya sekaligus netizen yang menonton video viral tersebut.

Lagunya yang benar bagaimana sih?” tanya @ragamsolo lewat keterangan video viral yang mendapat sejumlah respons lucu dari netizen. Beberapa netizen prihatin dengan anak-anak zaman sekarang yang tidak akrab dengan permainan tradisional.

Anak zaman sekarang sudah enggak hafal lagu Cublak-Cublak Suweung. Hafalnya PUBG, FF, ML,” komentar @andi_pimpim.

Ya Allah, besok zaman anakku sekolah kayak apa ya. Di rumah dididik baik, di sekolah ketemu temannya kayak begini, gimana,” sambung @the.rismo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement