Kisah Denny Caknan: Modal Rp650.000 untuk Buat Kartonyono Medot Janji, Pendapatannya Kini Rp1 Miliar

Kisah Denny Caknan: Modal Rp650.000 untuk Buat Kartonyono Medot Janji, Pendapatannya Kini Rp1 MiliarDenny Caknan - Instagram @denny_caknan
15 Juli 2020 14:17 WIB Arista Estiningtyas Hiburan Share :

Harianjogja.com, NGAWI—Deni Setiawan Kartoyono atau Denny Caknan kini ngetop. Deni adalah penyanyi muda asal Ngawi, Jawa Timur yang sudah mengunggah 26 video di kanal Youtube @Denny Caknan. Video-videonya ditonton hingga jutaan kali.

Karya-karya Denny yang cukup dikenal masyarakat adalah Los Dol dengan 29 juta penonton, Sampek Tuwek dengan 53 juta penonton, dan yang paling femomenal adalah Kartonyono Medot Janji yang telah ditonton 151 juta kali. Denny pun membagikan kisahnya saat ia menjadi bintang tamu dalam vlog Youtube, @dunia MANJI, Sabtu (18/4/2020).

BACA JUGA: Chef Arnold Bikin Tutorial Masak Mi Instan, Ngolah Telurnya Gak Kepikiran Begini, Coba Yuk!

Penyanyi berusia 26 tahun ini pernah bekerja menjadi pegawai di Dinas Lingkungan Hidup di Ngawi. Tugasnya yang kerap turun ke jalan itu harus ia tinggalkan sebab ia sudah tenar dan memiliki penggemar yang sering mengajaknya berfoto saat ia bekerja. “Emang dulu sudah banyak fans yang dekat. Di pinggir jalan sering diajak foto kan ya agak gimana, Bang. Akhirnya keluar,” ucap Denny.

Sebelum meraih kesuksesannya seperti saat ini, Denny sempat mengalami kegagalan. Denny awalnya merintis karier sebagai penyanyi pop. Ia bahkan sudah merilis tujuh buah lagu. Namun, sayangnya lagu-lagu tersebut tidak laku.

BACA JUGA: Okie Agustina Akui Nikah Siri Sebelum Menikah Resmi dengan Pesepakbola Gunawan Dwi Cahyo

Denny kemudian melihat potensi lagu dangdut yang sedang menjadi tren di Jawa. Ia lalu mencoba untuk menulis dan menyanyikan lagu dangdut. Karyanya jauh lebih dinikmati oleh masyarakat dibandingkan lagu bergenre pop yang ia bikin.

Lagu Kartonyono Medot Janji sangat populer. Dia meyakini kesuksesan lagu tersebut diawali dari ajakannya kepada sang ayah untuk kembali salat.

“Maaf, kemarin kan bapak itu tidak salat sama sekali. Bapak waktu kerja di Manado, aku buatkan tulisan besar berisi niat dan bacaan salat. Di sana bapak belajar salat. Setelah bapak pulang, lagu Kartonyono alhamdulillah melejit,” ujar Denny.

BACA JUGA: Jokowi Bertemu Artis dan Seniman, Ini yang Dibahas..

Kesuksesan Denny Caknan ternyata tidak berjalan mulus. Denny yang awalnya hanya mengunggah karya di Youtube pernah mengalami masalah akibat kecerobohan. Karyanya sempat diklaim oleh beberapa orang. Akibatnya, ia harus berurusan dengan beberapa pihak untuk mengatasi masalah tersebut dan mematenkan hak cipta karya-karyanya.

Denny juga bercerita modal pembuatan video Kartonyono Medot Janji yang hanya berkisar Rp650.000. Modal sedikit ini berhasil mengantarkannya meraih pundi-pundi uang hingga berkali-kali lipat. Ia menuturkan hasil yang dapatkan dari Youtube mencapai Rp1 miliar.

“Ya, 1 lah. Rp1 miliar lebih sedikit. Hehe...” ucapnya.

Denny kepada para musisi yang berkarya lewat Youtube untuk melindung hak cipta. Ini harus mereka lakukan sebelum mendapatkan pembayaran dari Youtube.

 

Sumber : JIBI/Solopos