Video Kontroversial Anji dengan 'Penemu' Antibodi Covid-19 Lenyap dari Youtube

Video Kontroversial Anji dengan 'Penemu' Antibodi Covid-19 Lenyap dari YoutubeTangkapan layar video Youtube dunia MANJI. - Youtube
03 Agustus 2020 09:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Video musisi Anji tentang obrolannya dengan Profesor Hadi Pranoto, pria yang mengklaim telah menemukan cairan antibodi Covid-19, tiba-tiba hilang dari Youtube. Video tersebut sempat viral karena dinilai memiliki konten kontroversial. 

Berdasarkan penelusuran Harianjogja.com, Senin (3/8/2020), video terakhir di akun Youtube Anji adalah Dunia MANJI adalah berjudul 'KONSER DI MASA PANDEMI, JADINYA BEGINI!! With Dino Hamid' yang diunggah pada Sabtu (1/8/2020). 

Namun video kontroversial dengan Profesor Hadi Pranoto berjudul '’BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN!!’ 'yang sama-sama diunggah pada tanggal yang sama, sudah tidak terlihat di laman akun Youtube Anji. 

Diduga Youtube sengaja menghapus video tersebut karena melanggar pedoman yang sudah diatur oleh Youtube. Hal tersebut terlihat dari unggahan akun Twitter musisi Fierrsa Besari. 

Sebelumnya, Anji yang memiliki nama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu mengunggah video dengan Hadi Pranoto dengan lokasi syuting di di Pulau Tegal Mas, Lampung. Videonya sempat masuk 19 trending Youtube.

Baca Juga: Video Anji Viral Lagi gegara Undang 'Penemu' Cairan Antibodi Covid-19, Warganet Bereaksi

Dalam vidoe itu, Hadi Pranoto menyampaikan bahwa ia telah menciptakan antibodi Covid-19, yakni sebuah cairan herbal untuk menyembuhkan sekaligus mencegah penyakit Covid-19. "Kalau vaksin kan disuntikkan, tapi kalau ini diminum," kata Hadi Pranoto seperti dikutip Harianjogja.com dari Youtube Dunia MANJI, Minggu (2/8/2020).

Ia mengklaim ribuan pasien Covid-19 yang mengonsumsi minuman ramuannya itu bisa sembuh dan kembali sehat. Bahkan ia juga menyebut telah menyuplai minuman antibodinya itu ke Wisma Atlet, tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di Jakarta.

Baca Juga: Sering Unggah Konten soal Corona, Dokter Tirta Ajak Anji Diskusi Tertutup

Tak butuh waktu, pasien hanya butuh waktu 2-3 hari untuk sembuh dari Covid-19 setelah mengonsumsi ramuan antibodi Hadi Pranoto.

Hadi Pranoto menyebut tidak menjual obat herbal buatannya. Ia hanya membagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan sampai saat ini sudah dibagikan kepada lebih dari 250.000 orang di Indonesia.