Advertisement

Harga Lukisan Raden Saleh Ternyata Tembus Rp250 Miliar

Wibi Pangestu Pratama
Kamis, 01 September 2022 - 09:27 WIB
Sirojul Khafid
Harga Lukisan Raden Saleh Ternyata Tembus Rp250 Miliar Lukisan karya Raden Saleh yang berjudul Berburu Banteng - Dok. Twitter @DitjenKN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau DJKN Kementerian Keuangan mengungkapkan bahwa nilai lukisan karya Raden Saleh ada yang mencapai Rp250 miliar. Salah satu lukisan menjadi objek utama dalam film yang sedang tayang saat ini, Mencuri Raden Saleh.

Dalam unggahan akun resmi Twitter DJKN, yakni @DitjenKN, Kementerian Keuangan membahas nilai dari lukisan-lukisan karya Raden Saleh. Para kolektor memburu lukisan karya pionir seni modern Indonesia tersebut.

Salah satu karya Raden Saleh berjudul Berburu Banteng laku senilai Rp120 miliar pada 2018 lalu. Ketika transaksi berlangsung, lukisan itu berusia 163 tahun karena dibuat pada 1855.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Semasa hidupnya, Raden Saleh melukis lima karya dengan tema perburuan banteng. Salah satu dari lima lukisan itu memiliki nilai yang fantastis.

BACA JUGA: Jumbo, Film Animasi Layar Lebar Pertama Visinema

“Satu di antara lima karya tersebut merupakan barang milik negara [BMN] yang saat ini menjadi koleksi kepresidenan di Istana Yogyakarta. Diperkirakan saat ini nilainya tembus mencapai Rp250 miliar,” dikutip dari cuitan DJKN pada Rabu (31/8/2022).

Salah satu lukisan Raden Saleh yang menjadi sorotan saat ini berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro. Mahakarya itu muncul di film Mencuri Raden Saleh, garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko.

Film itu bercerita tentang sekelompok pemuda yang akan mencuri lukisan Raden Saleh, Penangkapan Pangeran Diponegoro. Piko, tokoh utama yang diperankan Iqbaal Ramadhan, menjadi tokoh utama dari kisah pencurian itu.

Dalam film tersebut diceritakan lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro berada di dalam Istana Kepresidenan. Lukisan asli karya Raden Saleh itu memang berada di dalam Istana Kepresidenan, Jakarta.

Advertisement

Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri menggelar rapat pemberian bantuan sosial sebagai respons atas kenaikan harga minyak. Dalam unggahan Menteri Keuangan Sri Mulyani, lukisan Raden Saleh terlihat berada di belakang Jokowi yang memimpin rapat.

BACA JUGA: Mengenal Lukisan Raden Saleh yang Ada di Foto Instagram Sri Mulyani

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kunjungan Turis Asing ke Jogja Meningkat, Paket Wisata Ini yang Justru Disukai

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Jadi Dosen di UGM, Ini yang Diajarkan Prilly Latuconsina ke Mahasiswa

Hiburan
| Kamis, 29 September 2022, 19:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement