Advertisement

Leonardo Dicaprio Ikut Soroti Perpindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan

Nina Atmasari
Rabu, 11 September 2019 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Leonardo Dicaprio Ikut Soroti Perpindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan Leonardo DiCaprio. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Aktor dunia yang juga seorang pemerhati masalah lingkungan, Leonardo Dicaprio turut menyoriti tentang rencana kepindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan.

Hal itu ditunjukkan aktor film "Titanic" itu dengan membagikan ulang foto dari UNDP (United Nations Development Programs) yang merupakan Badan Program Pembangunan PBB.

Advertisement

Foto yang dibagikan pada Selasa (10/9/2019) itu adalah tentang penanaman bakau di sebuah muara di Bali. Dalam keterangannya, ditulis wilayah Asia dan Pasifik adalah wilayah paling rawan bencana di dunia. "Kenaikan permukaan laut dua meter dapat menggusur lebih dari 180 juta orang, sebagian besar di seluruh Asia," tulisnya.

Leo juga mengingatkan akan ancaman yang mungkin terjadi dengan dipindahkannya ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

"Indonesia sudah berencana untuk memindahkan ibu kotanya, Jakarta ke Kalimantan untuk melindungi warganya dari banjir yang berbahaya. Tetapi banyak lagi komunitas dan kehidupan yang dipertaruhkan," katanya.

Dalam foto ini, para relawan menanam pohon bakau di sebuah muara di Bali untuk memerangi erosi pantai dan degradasi lahan di Indonesia. Perubahan iklim adalah tantangan eksistensial di zaman kita.

Leo juga mendukung upaya PBB sesuai Paris Agreement yang menyerukan pengurangan emisi CO2 menjadi setengahnya pada tahun 2030 dan mencapai Carbon Neutrality pada tahun 2050.

"Untuk sampai ke sana tidak akan mudah. Kita harus membuat perubahan dramatis pada pola produksi dan konsumsi kita. Kami saat ini bekerja dengan pemerintah dan masyarakat di negara-negara berkembang di seluruh dunia untuk meningkatkan rencana aksi iklim untuk masa depan yang lebih hijau dan lebih sehat untuk semua kehidupan di Bumi," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Agensi Ungkap Hasil Autopsi Kematian Park Bo Ram

Hiburan
| Senin, 15 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement