Advertisement

Batik Music Festival 2019, Kolaborasi Tiga Mahakarya Dunia

MediaDigital
Rabu, 02 Oktober 2019 - 09:57 WIB
Nina Atmasari
Batik Music Festival 2019, Kolaborasi Tiga Mahakarya Dunia David Foster. - Ist/Dok Rajawali Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Batik merupakan warisan budaya sekaligus mahakarya nenek moyang bangsa Indonesia. Apresiasi dan pengakuan dunia, salah satunya UNESCO telah menetapkan batik sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia pada 2 Oktober 2009. Untuk itulah, setiap tanggal 2 Oktober masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Tahun ini, sebagai peringatan Hari Batik, Rajawali Indonesia sebagai salah satu promotor musik besar di Indonesia bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menginisiasi sebuah pagelaran musik bertajuk Batik Music Festival pada 5 Oktober 2019. Bertempat di Kompleks Candi Prambanan, Batik Music Festival akan menyuguhkan tiga mahakarya dunia dalam satu waktu.

Advertisement

“Batik Music Festival mengkolaborasikan tiga mahakarya dunia yang disajikan dalam satu momen yakni Candi Prambanan sebagai World Heritage, batik sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia, dan mahakarya musik dunia,” terang Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (1/10/2019).

Para penonton Batik Music Festival 2019 akan dimanjakan dengan penampilan spesial David Foster & Friends; Kenny ‘BabyFace’ Edmonds, Katharine Mcphee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Selain itu ada juga Yovie and His Friends yang akan menyuguhkan pertunjukan terbaiknya bersama Kahitna, BCL, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo dan Arsy Widianto.

Nantinya, para musisi akan bermain di dua pangung. Yovie & His Friends akan tampil di panggung Festival Show dan David Foster & Friends akan tampil di panggung Spesial Show mulai pukul tujuh malam. Tak hanya pertunjukan musik, Batik Music Festival pun mengajak para seniman serta UKM batik di Indonesia untuk menggelar produk-produknya.

Bagi Anas, batik tidak hanya dimaknai sebagai salah satu warisan budaya yang dikagumi dunia, namun juga identitas bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, pada Batik Music Festival nantinya, semua pihak yang terlibat, mulai dari promotor, penonton, dan seluruh musisi akan mengenakan batik sebagai pakaian utama.
 
Direktur Keuangan, SDM & Investasi PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Palwoto menambahkan, suasana dan artistik yang ada di Batik Music Festival nanti semuanya akan bernuansa batik. Untuk itu, pihak Rajawali Indonesia bersama PT TWC akan bekerjasama dengan beberapa desainer batik ternama di Indonesia.
 
“Mungkin baru kali ini festival musik berskala internasional yang ada di Indonesia dan dunia yang diramaikan oleh orang-orang yang menggunakan batik. Dan ini adalah salah satu upaya dari kami sebagai bagian dari bangsa ini menggaungkan batik dalam sebuah pesta yang besar, ” jelas Palwoto.
 
Anas juga mengungkapkan bahwa dalam setiap penampilan musisi nantinya, kemegahan Candi Prambanan akan menjadi latar utama. “Festival ini akan menjadi agenda setiap tahun. Mari menjadi bagian dari sejarah musisi dunia masin di Prambanan dan mengenakan batik,” ujar Anas.

Direktur Utama PT Melon Indonesia by Telkom Indonesia, Dedi Suherman menambahkan, dalam gelaran Batik Music Festival nanti pihaknya kembali didaulat oleh pihak promotor sebagai Official Ticket Partner. Ada beberapa kelas tiket yang dijual kepada para pecinta musik, antara lain Super VVIP (Rp 5.000.000), Diamond (Rp 3.000.000), Platinum (Rp 2.500.000), Gold (Rp 1.500.000), Silver (Rp 1.250.000), dan Festival Show (Rp 300.000).
 
Tiket akan dijual online melalui www.tiketapasaja.com. Selain penjualan online, tiket juga tersedia secara offline di Silol Kopi & Eatery, Jl. Suroto, Kotabaru, Jogja.

Batik Music Festival terselenggara atas kerjasama baik antara Rajawali Indonesia dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, dan didukung oleh Jasa Raharja Putera, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, Garuda Indonesia, Semen Indonesia, Jasa Marga, Pelindo III, Pupuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement