Advertisement

Usai Menang Oscar, Film Parasite Terus Raup Untung

Syaiful Millah
Senin, 17 Februari 2020 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Usai Menang Oscar, Film Parasite Terus Raup Untung Cuplikan film Parasite - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Film Parasite (2019) dari Korea Selatan baru saja menyabet gelar film terbaik (Best Picture) Oscar. Film besutan sutradara Bong Joon-hoini pun kini menuai kejayaan box office di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari Variety, Senin (17/2/2020) film komedi kelam (dark comedy) tersebut berhasil mengumpulkan penghasilan US$5,5 juta pada akhir pekan di 2.001 titik penayangan pasar domestik Amerika Utara.

Advertisement

Pendapatan dari penjualan tiket itu meningkat sebesar 234% dari akhir pekan sebelumnya, ketika film belum dinobatkan sebagai pemenang Oscar 2020 atau yang ke-92. Ini juga merupakan peningkatan pasca-Oscar terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Adapun, selama tujuh hari setelah malam puncak penghargaan Academy Awards atau Oscar pada 9 Februari lalu, film telah menghasilkan sekitar US$8,8 juta. Secara keseluruhan, film ini telah mencatatkan pendapatan US$44 juta di pasar Amerika Serikat, angka yang sangat besar untuk film berbahasa asing.

Sementara itu, di pasar internasionalnya film ini telah mencatatkan penghasilan penjualan tiket sebesar US$161 juta. Dengan demikian, film telah meraup pendapatan box office sebesar US$204 juta di seluruh dunia.

Parasite menjadi film berbahasa non-Inggris pertama dalam sejarah yang membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Picture. Selain itu, film juga membawa tiga piala lainnya untuk kategori Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature Film.

Pemenang kategori Best Picture Oscar memang seringkali mendapatkan manfaat dalam hal penjualan tiket atau box office setelahnya. Pemenang Oscar 2019 yakni film Green Book (2018) juga mendapatkan dorongan pendapatan seitar 121% pada akhir pekan setelah pengumuman kemenangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com/Variety

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement